Fraksi Gerindra Pohuwato: 4 Prinsip Disiplin Anggaran yang Perlu Diperhatikan

Fraksi Gerindra Pohuwato: 4 Prinsip Disiplin Anggaran yang Perlu Diperhatikan

22/11/2020 07:26 0 By Yadin

Wawan Hatama

Hulondalo.id – Fraksi Gerindra di DPRD Pohuwato berpendapat, ada 4 prinsip dalam disiplin anggaran yang perlu diperhatikan saat penyusunan anggaran daerah.

Empat prinsip itu diantaranya, pendapatan yang direncanakan merupakan perkiraan yang terukur secara rasional yang dapat dicapai untuk setiap sumber pendapatan. Sedangkan belanja yang dianggarkan merupakan batas tertinggi pengeluaran belanja.

Kedua, penganggaran pengeluaran harus didukung dengan adanya kepastian tersedianya penerimaan dalam jumlah yang cukup dan tidak dibenarkan melaksanakan kegiatan yang belum tersedia atau tidak mencukup kredit anggarannya dalam APBD/perubahan APBD.

Ketiga, penyusunan anggaran hendaknya dilakukan berlandaskan asas efisiensi, tepat guna, tepat waktu pelaksanaan, dan penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan. Dana yang tersedia harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk dapat menghasilkan peningkatan dan kesejahteraan maksimal untuk kepentingan masyarakat.

Terakhir, mengutamakan upaya pencapaian hasil kerja dari perencanaan alokasi biaya atau input yang telah ditetapkan.

“Selain itu, harus mampu menumbuhkan profesionalisme kerja di setiap organisasi kerja yang terkait. Oleh karena itu, untuk dapat mengendalikan tingkat efisiensi dan efektivitas anggaran, maka dalam perencanaan anggaran perlu diperhatikan yaitu penetapan secara jelas tujuan dan sasaran, hasil dan manfaat, serta indikator kinerja yang ingin dicapai serta penetapan prioritas kegiatan dan penghitungan beban kerja, serta penetapan harga yang rasional,” terang Fraksi Gerindra.

Pemandangan Fraksi Gerindra itu diserahkan secara tertulis oleh Ketua Fraksi, Wawan Hatama kepada Bupati Pohuwato. (yadin/adv)