Fraksi Golkar DPRD Gorontalo Utara Sepakat Perda Pilkades Direvisi

Fraksi Golkar DPRD Gorontalo Utara Sepakat Perda Pilkades Direvisi

17/03/2021 19:44 0 By Maman

Ketua Komisi I DPRD Gorontalo Utara Rina Polapa.

Hulondalo.id – Fraksi Golkar DPRD Gorontalo Utara mendukung langkah revisi terhadap Perda pemilihan kepala desa. Hal itu tertuang dalam pandangan umum fraksi Golkar yang dibacakan Rina Polapa, Rabu (17/3/2021).

“Terkait pemilihan Kepala Desa yang diatur dalam peraturan menteri dalam negeri tentang pilkades pun harus dirubah dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada demi keselamatan masyarakat dan lancarnya perhelatan politik di desa yang bersifat periodik dan wajib dilakukan,” ujar Rina.

Terkait itu, 1 Desember 2020 pemerintah pusat sudah mengeluarkan aturan lewat Permendagri nomor 72 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan Kepala Desa.

Untuk itu, Perda Pilkades harus direvisi karena sudah tidak sesuai atau bertentangan dengan peraturan di atasnya, yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 tahun 2020.

“kami Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) menyetujui revisi perda tentang pemilihan kepala desa untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya. (Prin/Adv)