Gagas Desa Usaha Pone, Ferdiyanto Juara 3 Kompetisi Nasional Sahabat Desa Andalan

Gagas Desa Usaha Pone, Ferdiyanto Juara 3 Kompetisi Nasional Sahabat Desa Andalan

04/06/2021 19:17 0 By Maman

Ferdiyanto Abas Juara Sahabat Desa Andalan

Kebun Buah Desa Pone yang digagas Sahabat Desa Andalan sejak 2019, Ferdiyanto Abas. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Ferdiyanto Abas, sukses meraih juara tiga dalam Kompetisi Nasional Sahabat Desa Andalan. Prestasi Direktur BUMDes Moponuwa Desa Pone Kabupaten Gorontalo ini,  diumumkan melalui virtual conference 30 Mei sampai 1 Juni 2021.

Kepada Hulondalo.id, Ferdi mengatakan, kemenangan ini karena membawa gagasan tentang membangun dan memajukan ekonomi kreatif, di salah satu desa di kabupaten Gorontalo.

“Kejuaran ini di awali dari 16 peserta finalis, lalu 6 orang lulus pada grand final, dan di pilih 3 pemenang, saya salah satunya, dengan pendampingan pada Desa Pone menjadi Desa Usaha Kawasan Ekonomi Terpadu,” tutur Ferdi.

Ferdi menambahkan, kawasan ekonomi terpadu Desa Pone, merupakan usaha berbasis ekonomi dengan mengelola seluruh potensi desa secara terpadu, seperti, perdagangan, pertanian dan industri.

“BUMDes Desa Pone akan difokuskan untuk mengelola potensi usaha perdagangan, usaha pertanian, dan usaha industri, kerjasama dengan pelaku IKM, baik yang ada di Desa Pone maupun di luar,” terang Ferdi.

Disamping itu kata Ferdi, pendampingan Desa Pone hingga meraih juara ini, digagas dengan baik oleh para sahabat desa andalan.

“Desa Pone juga akan menjadi desa usaha dengan konsep kawasan ekonomi terpadu juga, dimulai dengan menjejaki Desa Pilomonu Mootilango Kabupaten Gorontalo yang memiliki lima potensi ekonomi, yakni pertanian, industri, pertambangan, sumber air, dan hasil hutan,” pungkas mantan ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Limboto Barat itu. (Rifal)