Gaji 13 Pemprov Gorontalo Cair Lebih Cepat, Ini Penjelasan Badan Keuangan

Gaji 13 Pemprov Gorontalo Cair Lebih Cepat, Ini Penjelasan Badan Keuangan

03/06/2021 00:17 0 By Alex

TKD Gorontalo

Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo Danial Ibrahim.

Hulondalo.id – Gaji 13 untuk ASN, CPNS, PPPK serta pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Gorontalo telah dicairkan, Rabu (2/6/2021).

“Alhamdulillah sesuai arahan Bapak Gubernur, hari ini kita mulai mencairkan pembayaran gaji 13. Pencairannya bertahap sesuai tagihan yang masuk. Regulasinya semua sudah ada dan sudah memenuhi ketentuan dari Kementerian Keuangan,” ujar Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, Danial Ibrahim.

Untuk pembayaran gaji 13 ini, Pemerintah Provinsi Gorontalo mengalokasikan anggaran senilai Rp 24,9 Miliar. Danial bilang, pencairan gaji 13 diharapkan mendorong perputaran ekonomi di daerah.

“Arahan pak gubernur segera dicairkan supaya bisa segera dibelanjakan. Ini ‘kan sekolah sudah masuk akhir semester, ada bahkan yang sudah mempersiapkan tahun ajaran baru. Beliau berharap uangnya segera berputar,” tambah Danial.

Pemerintah Provinsi Gorontalo menjadi daerah pertama yang telah merealisasikan gaji 13. Alasannya, kata Danial, Pemprov Gorontalo telah memenuhi alokasi belanja wajib pada APBD sesuai ketentuan.

“Belanja wajib sesuai ketentuan itu misalnya untuk pendidikan minimal 20%, kesehatan 10% dan belanja wajib yang bersumber dari dana transfer umum minimal 25%,” kata Danial.

Sebelumnya, dalam APBD 2021 Pemerintah Provinsi Gorontalo telah mengalokasikan belanja pendidikan sebesar 34,40%, belanja kesehatan 12,98% dan belanja wajib yang bersumber dari dana transfer umum sebesar 27,12%.(adv/alex)