Gandeng AAI, UT Gorontalo Dorong Peningkatan Kualitas Tenaga Kearsipan

Gandeng AAI, UT Gorontalo Dorong Peningkatan Kualitas Tenaga Kearsipan

14/10/2021 16:50 0 By Syakir

Penyerahan cindera mata yang diserahkan oleh Direktur UT Gorontalo Andi Suci Anita, S.P., M.P dan diterima Wabup Pohuwato Suharsi Igrisa, Rabu (13/10/2021). f.antpnews110.com

Hulondalo.id – Bekerjasama dengan Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Provinsi Gorontalo, Universitas Terbuka (UT) akan mendorong peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga pengelola arsip di lingkungan pemerintah daerah. Hal itu terungkap pertemuan bersama Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igrisa.

Dalam kunjungan, Rabu (13/10/2021), Direktur UT Gorontalo Andi Suci Anita, S.P., M.P didampingi Ketua AAI Wilayah Gorontalo Dr. H, Zuchri Abdussamad, S,I,K., M.Si.

Dihadapan Wabup Pohuwato yang juga alumni UT Gorontalo, Ketua AAI Wilayah Gorontalo Zuchri Ruchban menjelaskan pentingnya keberadaan tenaga arsiparis berada di setiap OPD.

Di Pohuwato sendiri diketahui, hanya ada lima tenaga arsiparis. Nah, mereka ini bisa mengembangkan ilmu kearsipan di Prodi DIV Kearsipan, Universitas Terbuka Gorontalo, seperti dilansir dari antpnews110.com.

AAI sendiri kata Zuchri, bersama UT Gorontalo berkomitmen membantu dan mengembangkan SDM pengelola arsip di masing masing SKPD, sehingga mereka bisa menata dan menyediakan dokumen dengan cepat.

Senada dengan Ketua AAI, Direktur UT Gorontalo Andi Suci Anita, S.P., M.P sempat memaparkan keberadaan dan keunggulan prodi DIV Kearsipan di UT Gorontalo.

Sementara itu, Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igrisa mengatakan, pihaknya menyadari bahwa tata kelola kearsipan adalah salah satu bagian penting dalam pemerintahan, dan itu adalah hal mutlak. Terlebih, pengelolaan kearsipan di Pohuwato sendiri, mulai beralih dari manual ke digital.

Dirinya pun menyambut baik Direktur UT Gorontalo dan Ketua AAI yang mau meluangkan waktu berkunjung ke Bumi Panua. Suharsi pun mendukung upaya mendorong peningkatan kualitas SDM tenaga kearsipan, lewat kerjasama dengan UT Gorontalo. (adv)