Gangguan, Gerakan Klik Serentak di Gorontalo Tak Bisa Diakses

Gangguan, Gerakan Klik Serentak di Gorontalo Tak Bisa Diakses

15/07/2020 22:55 0 By Jeffry

Komisioner KPU Bone Bolango bersama perwakilan dari Kejaksaan dan Disdukcapil saat melakukan launching Gerakan Klik Serentak, Rabu (15/7/2020).

Hulondalo.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi melaunching Gerakan Klik Serentak (GKS) mulai hari ini, Rabu (15/7/2020).

Pelaksanaan GKS ini merupakan tanda dimulainya Gerakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Serentak (GCS).

Namun, sayangnya di saat peluncuran perdana GKS ini, laman website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.Id itu tidak bisa diakses oleh warga lantaran disebabkan kendala jaringan internet.

“Iya, tadi juga kita sudah mencoba untuk mengaksesnya namun tidak bisa, tapi untuk Gerakan Klik Serentak ini akan berlangsung selama 1 bulan kedepan,” kata Ketua KPU Bone Bolango Adnan Berahim, Rabu (15/7/2020).

Menurutnya, Gerakan Klik Serentak ini sebagai tanda dimulainya pelaksanaan GCS. Dari data KPU sendiri, sebanyak 115.671 pemilih akan dicoklit oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP).

Terpisah, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Sofyan Rahmola juga mengakui adanya gangguan pada saat peluncuran Gerakan Klik Serentak itu di seluruh wilayah Gorontalo.

Untuk memastikan adanya gangguan jaringan tersebut, dirinya pun bahkan mengecek langsung dengan meng-klik laman website tersebut berulang kali.

“Kita juga mencoba berulang kali, namun gagal. Untuk informasi katanya diretas, belum bisa dipastikan ya, karena tadi juga kita sempat berkomunikasi dengan daerah lain, malah mereka bisa mengaksesnya,” jelas Sofyan.

Meski begitu, dirinya memastikan, untuk mengakses aplikasi GKS ini masyarakat bisa mengakses kapan saja.

“Aplikasi GKS ini kan juga untuk sebagai upaya untuk mendorong masyarakat untuk turut berpartisipasi dengan mengecek langsung data sendiri. Nantinya, untuk fase coklit faktual akan dilakukan oleh PPDP,” tandasnya. (Jeff)