Ganti Untung Lahan Secaba di Eks HGU, Pemprov Gorontalo Siapkan Rp 1 Miliar

Ganti Untung Lahan Secaba di Eks HGU, Pemprov Gorontalo Siapkan Rp 1 Miliar

12/10/2020 23:04 0 By Alex

Gubernur Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie.

Hulondalo.id – Meski menjadi tanggungan Pemkab Gorontalo, ganti untung eks lahan Hak Guna Usaha (HGU) untuk pembangunan Sekolah Calon Bintara (Secaba) TNI akan ditanggung Pemerintah Provinsi Gorontalo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pun menyatakan, pihaknya akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 Miliar untuk ganti untung pembayaran tumbuhan, bangunan dan fasilitas lain di eks lahan HGU yang berlokasi di Desa Ilomata dan Molawahu, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo itu.

“Nantinya proses pembayarannya harus sesuai mekanisme hukum yang berlaku, di antaranya melalui appraisal. Dananya nanti kita hibahkan ke Pemkab Gorontalo,” ujar Gubernur Rusli Habibie usai menggelar rapat terbatas dengan Danrem 133 Nani Wartabone, Penjabat Bupati Gorontalo serta sejumlah pimpinan OPD, Senin (12/10/2020).

Pada rapat tersebut juga disepakati untuk mempercepat proses appraisal. Semua fasilitas yang ada di eks lahan HGU agar bisa dihitung untuk proses pembayaran pada ahli waris. Olehnya, Gubernur pun mengingatkan agar dokumen ahli waris harus jelas dan lengkap.

“Kami berharap agar pihak ahli waris mengizinkan untuk kelanjutan pembangunan Secaba. Bagaimana pun anggarannya sudah ada dan nanti akan hangus tidak terpakai. Pihak yang rugi kita juga warga Gorontalo karena sekolah itu belum bisa merekrut calon Bintara TNI,” jelas Rusli.

Sebelumnya, lokasi Pembangunan Secaba TNI di lahan eks HGU tersebut seluas 50 Hektar. Sejatinya Pemkab Gorontalo akan menanggung proses ganti untung tersebut namun belakangan anggarannya telah dialihkan untuk pembiayaan selama pandemi Covid-19.(adv/alex)