Gegara Tak Hati-hati Bakar Sampah, Begini Nih Jadinya

Gegara Tak Hati-hati Bakar Sampah, Begini Nih Jadinya

16/02/2019 16:23 0 By Alex

kebakaran limboto

Seorang petugas pemadam kebakaran BPBD Kabupaten Gorontalo saat berusaha memadamkan api di lahan gambut yang terbakar di Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo.

Hulondalo.id – Kebakaran kembali terjadi di Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (16/2/2019).

Diduga kuat kebakaran dipicu akibat seorang warga membakar sampah sembangan sehingga memicu kebakaran lahan. Beruntung petugas pemadam kebakaran (Damkar) dengan cepat tiba di lokasi sehingga dapat meminimalisir dampak insiden itu. Maklum, lokasinya berada di lahan gambut dan juga yang sangat dekat dengan pemukiman padat warga setempat.

“Kerugian jiwa dan materi nihil. Ini juga berkat masyarakat sekitar yang cepat memberikan informasi,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gorontalo, Sumanti Maku, melalui Kepala UPTB Damkar, Farid Taha.

Kejadian itu bermula seorang warga setempat, Yulin, melihat ada kobaran api di belakang rumah kosong milik almarhum Laode, sekitar pukul 12.00 Wita. Api sudah mulai menyebar. Yulin yang histeris membuat warga sekitar berlarian memadamkan api dengan alat seadanya.

kebakaran limboto

Meski kebakaran berhasil dicegah namun petugas pemadam kebakaran mengingatkan kepada warga sekitar agar hati-hati membakar sampah, terutama di lahan gambut. Unit Damkar Kabupaten Gorontalo pun melakukan sosialisasi pencegahan dini sekaligus menginformasikan nomor telepon piket damkar 1×24 jam

Yulin pun sudah mengantongi nomor piket pemadam kebakaran langsung melaporkan kejadian itu. Respon time sekitar 1 menit, 3 unit mobil damkar sudah tiba di lokasi di jalan Maridun Haya, Lingkungan Durian, Kelurahan Hepuhulawa, Kecamatan Limboto tersebut.

Seketika itu juga petugas Damkar langsung melakukan pendinginan. Tak lupa petugas pun mensosialisasikan pencegahan dini kebarakan sekaligus menginformasikan lagi nomor piket Damkar 1×24 jam.

“Jadi kebakaran ini diduga kuat ada warga yang tidak hati-hati membakar sampah. Kami sampaikan ini tidak boleh lagi terjadi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkas Farid Taha.(Alex)