Gelar Gebyar Vaksinasi Lansia, Sherman: Upaya Efektif dan Efisien Cegah Covid-19

Gelar Gebyar Vaksinasi Lansia, Sherman: Upaya Efektif dan Efisien Cegah Covid-19

25/05/2021 22:58 0 By Yadin

Pemerintah Kabupaten Boalemo melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan gebyar vaksinasi bagi lansia di Alun-Alun Tilamuta, Selasa (25/5/2021).

Hulondalo.id – Pemerintah Kabupaten Boalemo melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan gebyar vaksinasi bagi lansia di Alun-Alun Tilamuta, Selasa (25/5/2021).

Pada kesempatan itu, Sekertaris Daerah Boalemo, Sherman Moridu menyampaikan bahwa, pandemi Covid-19 saat ini di Boalemo masih memberi tantangan besar bagi kesehatan maupun sektor dalam kehidupan masyarakat.

“Covid-19 ini membuat penurunan kinerja pada beberapa program kesehatan, dan juga memberi dampak besar bagi perekonomian, hingga sosial, pendidikan dan pariwisata. Sehingga dalam rangka keluar dari pandemi Covid-19, kita tingkatkan penerapan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dan melakukan vaksinasi,” ungkapnya.

Kata Sherman, pelaksanaan imunisasi atau vaksinasi Covid-19, merupakan upaya kesehatan masyarakat yang efektif dan efisien dalam mencegah virus Corona.

“Dalam imunisasi terdapat konsep kekebalan kelompok, ini hanya dapat terbentuk apabila cakupan imunisasi pada sasaran tinggi dan merata di seluruh wilayah. Kebalnya sebagian besar sasarannya akan memberikan pelindungan pada usia lainnya,” tambhanya.

Sehingga kata Sherman, imunisasi atau vaksinasi ini membuat penyebaran Covid-19 tidak menyebar dengan cepat dan Kejadian Luar Biasa (KLB) dapat dicegah, terutama pada usia lanjut.

“Konsep ini, menjadi bukti bahwa program ini sangat efektif dan efisian, karena dengan hanya menyasar kelompok rentan terutama kelompok sasaran lansia, maka seluruh masyarakat terlindungi,” tutur Sekda Sherman.

Panglima ASN Boalemo ini juga mengimbau agar ASN terlibat dalam mengedukasi serta menyosialiasikan untuk anggota keluarga dan kerabatnya bisa melaksanakan vaksinasi. (Rifal/Adv)