Gelar Pasukan, Basarnas Gorontalo 18 Hari Siaga Khusus di Natal dan Tahun Baru

Gelar Pasukan, Basarnas Gorontalo 18 Hari Siaga Khusus di Natal dan Tahun Baru

18/12/2020 23:58 0 By Jeffry

Basarnas Gorontalo gelar pasukan siaga khusus jelang Natal dan Tahun Baru.(F.hms)

Hulondalo.id – Jelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru), Basarnas Gorontalo melaksanakan apel gelar pasukan siaga SAR khusus, Jumat (18/12/2020).

Bertindak sebagai pimpinan apel adalah Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Gorontalo I Made Junetra S.H.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru ini akan dilaksanakan selama 18 hari, yakni dimulai dari tanggal 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021.

Dalam amanat Kepala Basarnas RI, Kepala Basarnas Gorontalo I Made Junetra menekankan kepada semua petugas Siaga SAR Khusus Nataru ini, agar dapat aktif berkoordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait.

“Jaga nama baik organisasi, ikuti prosedur yang ada, tunjukan bahwa kita bekerja secara profesional, sinergi dan militan, serta utamakan faktor keselamatan dalam pelayanan SAR bagi petugas dan masyarakat serta jangan kendor dengan Protokol Kesehatan terkait pandemi Covid19,” tegasnya.

Disamping mengecek kesiapan para personil, juga memperhatikan performance petugas Basarnas dan kesiapan alat.

“Ini merupakan salah satu faktor yang menunjang kewibawaan dan performance Basarnas, sehingga lebih meyakinkan penilaian masyarakat terhadap kesiapsiagaan pelayanan SAR,” ucapnya.

Adapun personil Basarnas Gorontalo yang diterjunkan dalam penanganan Siaga NATARU pada tahun ini sebanyak 35 personil Rescuer dan 14 personil ABK. Yang nantinya akan ditempatkan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Pos SAR Marisa, Pos Sar Kwandang.

“Titik fokus siaga pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya di mana berkonsentrasi pada transportasi mudik NATARU, seperti Bandar udara Djalaludin Tantu, Pelabuhan penyebrangan Gorontalo dan tempat wisata yang ada di Provinsi Gorontalo,” imbuhnya.

Sementara untuk Pos Sar tetap mengarah  ke tempat titik_titik keramaian saat arus mudik Nataru. Yang nantinya didukung oleh Alut dan palsar yaitu Kn. SAR 226 SAMBA, RB 210 Gorontalo, RIB 01, RIB 02 Kwandang, R Perahu Karet serta Peralatan Evakuasi yang selalu siap 1×24 jam dalam penanganan jika sewaktu-waktu terjadi musibah di wilayah Provinsi Gorontalo. (Jeff/Hms)