Gelar Pelatihan, Disporapar Kabupaten Gorontalo Tingkatkan Kompetensi Pemandu Wisata

Gelar Pelatihan, Disporapar Kabupaten Gorontalo Tingkatkan Kompetensi Pemandu Wisata

13/08/2020 19:15 0 By Maman

Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah U. Tayeb saat memberikan sambutan pada pelaksanaan Pelatihan Pemandu Wisata Geopark. (foto:hms)

Hulondalo.id – Kompetensi dari para pemandu wisata terus ditingkatkan. Salah satunya, seperti yang dilakukan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Kabupaten Gorontalo, dengan menggelar pelatihan bagi pemandu wisata geopark.

Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijah U Tayeb mengatakan, pelatihan ini antara lain untuk meningkatkan kompetensi pemandu wisata. Teknik dan kemampuan pemandu wisata juga dibahas dalam pelatihan.

“Potensi wisata di Kabupaten Gorontalo, perlu dukungan SDM yang lebih baik, dan berkompetensi, agar sektor ini bisa lebih maju terlebih dimasa pandemi Covid-19,” kata Sekda dalam pelatihan yang digelar di obyek wisata Pentadio Resort, Kamis (13/8/2020).

Pemandu wisata diakuinya juga, punya peran penting dalam pengembanga sektor pariwisata. Mereka berada digarda terdepan dalam melayani wisatawan. Karenanya kata Panglima ASN Kabupaten Gorontalo ini, pemandu wisata punya pengaruh besar, mempromosikan obyek wisata.

“Selain harus menguasai destinasi wisata yang ada, juga budaya, makanan atau kuliner dan hal pendukung lainnya termasuk kerajinan,” ungkap Sekda.

Sementara itu, pelatihan yang merupakan program Pemkab Gorontalo ini kata Kepala Disporapar Kabupaten Gorontalo, Syamsul Baharuddin, merupakan yang ketiga kalinya digelar. Pelatihan ini juga merupakan wujud sinergi antara pemerintah pusat dan daerah melalui DAK dan APBD.

“Peserta ada 50 orang, dari berbagai kalangan seperti pengelola wisata, pemandu, nou dan uti serta kepala desa yang diwilayahnya ada destinasi wisata,” ungkap Syamsul. (Opin/Adv)