Gelar Webinar, Disparbudpora Kabupaten Blitar Pertegas Nilai Pancasila

Gelar Webinar, Disparbudpora Kabupaten Blitar Pertegas Nilai Pancasila

27/11/2020 22:12 0 By Maman

Webinar Disparbudpora Kabu Blitar

Webinar digelar Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Kabupaten Blitar dengan tema Realita Pancasila, Implementasi Nilai-nilai dan Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Modern, (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Nilai-nilai pancasila lebih dipertajam dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk di Kabupaten Blitar. Upaya untuk mewujudkannya seperti dilakukan Bidang Pemuda dan Olahraga Disparbudpora Kabupaten Blitar, melalui Webinar dengan tema Realita Pancasila, Implementasi Nilai-nilai dan Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Modern, Jum’at (27/11/2020).

Pjs Bupati Blitar, Drs. Budi Santosa mengatakan, kemajuan teknologi modern diera saat ini, tidak boleh melunturkan nilai-nilai Pancasila. Dalam setiap lini kehidupan kata dia, Pancasila harus diimplementasikan untuk menumbuhkan jiwa kebangsaan.

“Implementasinya bisa dimulai dari hal-hal terkecil dalam keluarga, miisalnya orang tua mengajarkan anak-anaknya tentang etika sopan santun, hormat kepada orang tua, mengenalkan keragaman budaya dan mengajak anak-anak untuk melihat atau bahkan ikut serta kerja bakti di lingkungan sekitar,” kata Budi.

Budi juga mengajak generasi muda, untuk paham betul nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Masa depan Indonesia kata Budi lagi, membutuhkan pemimpin negara yang setia dan berpegang teguh pada ideologi Pancasila dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila.

“10 sampai 15 tahun kedepan, merekalah yang akan mengambil alih kendali kepemimpinan negara dan bangsa ini,” tandasnya.

Suhendro Winarso

Kadin Parbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso S.STP, M.si

Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang tak pernah lekang oleh waktu dan selalu relevan dengan perkembangan jaman,” tambahnya dalam acara yang dipusatkan di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro Kabupaten Blitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Parbudpora Kabupaten Blitar, Suhendro Winarso mengatakan, webinar kali ini fokus membahas realita Pancasila. Webinar ini juga secara tajam membahas Pancasila sebagai dasar negara yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Contoh implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari antara lain, dari sisi pariwisata da pertanian di Blitar, ini luar biasa, begitu juga penghasil telur dari bidang peternakan dan masih banyak hal menarik dan potensi lain di Kabupaten Blitar yang luar biasa hasil dari implementasi Pancasila,” ujar Suhendro.

Webinar kali ini juga kata Suhendro, kita tidak membahas Pancasila secara teori-teori. Tapi membahas Pancasila secara realita, implementasi Pancasila di lapangan,” kata Suhendro.

Pesrta yang hadir dalam webinar ini, selain ada yang hadir langsung, ada juga melalui virtual zoom. Beberapa narasumber dihadirkan yakni, Bambang Budiono (Dosen FISIP Unair Surabaya, Deputi Advokasi BPIP), Danang Widoyoko (Penemu Rekayasa Teknologi Nuklir), Dolis Setiawan (Pemuda Pelopor Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata), Dwi Handoko (Kades Serang Kabupaten Blitar), penerima penghargaan Kampung Pembakti Pancasila. (Anang/Kmf/Adv)