Geliat Pariwisata Gorontalo di Tengah Pandemi Covid-19

Geliat Pariwisata Gorontalo di Tengah Pandemi Covid-19

14/09/2020 16:44 0 By Alex

Suasana talk show dengan tema Bangkit Pariwisata Gorontalo mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru yang digelar di Maqna Hotel Gorontalo, Jumat (11/9/2020).

Hulondalo.id – Di tengah wabah Covid-19 sektor pariwisata akhir-akhir ini mulai menggeliat dengan ditandai banyaknya masyarakat yang berkunjung ke sejumlah obyek wisata.

Hampir semua obyek wisata di Provinsi Gorontalo mulai ramai dengan kunjungan ini. Masyarakat menikmati liburan di sejumlah obyek wisata karena sudah jenuh saat berada di rumah selama beberapa bulan.

Melihat perilaku masyarakat saat ini perlu kesadaran kolektif untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona di obyek wisata.

Hal itu terungkap pada Talks Show dengan tema Bangkit Pariwisata Gorontalo mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru dengan menghadirkan narasumber juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Triyanto S Bialangi, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili, Ketua PHRI Gorontalo Yanuar Valberg, Jumat (11/9/2020).

“Saat ini obyek wisata semakin hari semakin banyak pengunjung, kami berharap dengan situasi wabah Covid-19 yang terus meningkat masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan di obyek wisata. Ini bertujuan untuk mengurangi penyebaran virus corona,” kata Triyanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili membenarkan adanya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

Untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 khusus di obyek wisata, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 41 Tahun 2020 tentang Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan.

Pada Pergub 41 ini, lanjut Rifli, bila ada orang atau lembaga yang melanggar protokol kesehatan akan diberikan sanksi berupa teguran, denda hingga pencabutan izin usaha. Hal ini bertujuan untuk mendisplinkan masyarakat atau lembaga yang tidak menaati peraturan.

Terpisah, Ketua PHRI Yanuar Velberg mengaku akan mengikuti semua peraturan yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo.

“Saya berharap semua industri perhotelan dan rumah makan di Provinsi Gorontalo menerapkan panduan protokol kesehatan agar menjadi jaminan bagi wisatawan jika berkunjung di Gorontalo. Kami siap mendukung kebijakan pemerintah dalam penegakan protokol kesehatan,” tandasnya.(adv/alex)