Gempur Gelar Aksi di Kantor Perwakilan PT. NHM, Ini Tuntutannya

Gempur Gelar Aksi di Kantor Perwakilan PT. NHM, Ini Tuntutannya

25/02/2021 22:30 0 By Maman

Gempur Aksi di PT. NHM

Mahasiswa yang tergabung dalam Gempur menggelar aksi di depan kantor Perwakilan PT. NHM. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Peduli Untuk Rakyat (Gempur) menggelar aksi di depan kantor PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM), Kamis (25/2/2021). Mereka menyoroti rekrutmen tenaga kerja dilingkup perusahaan.

Orator, Fuji Pangandro menyampaikan beberapa poin terkait aksi tersebut, sekaligus tuntutan kepada perusahaan. Antara lain, meminta PT. NHM memberikan ruang tenaga kerja secara menyeluruh, serta jangka waktu untuk penerimaan berkas.

“Rekrutmen tenaga kerja tidak hanya di 5 kecamatan lingkar tambang, tapi 12 kecamatan di luar lingkar tambang juga harus diprioritaskan, sebab, ada CSR yang diperuntukan untuk kecamatan diluar lingkar tambang,” kata Fuji.

Pemerataan dalam penerimaan tenaga kerja juga disampaikan Pemerataan penting kata Fuji, karena ada keresahan. Banyak anak bangsa di Halmahera Utara terpaksa berimigrasi ke daerah lain, karena ruang kerja yang lebih luas.

“Ada 10 ribu anak bangsa di Halut yang memilih ke Halteng, disana ruang kerja begitu luas, sementara di Halut ruang tenaga kerja masih sedikit,” ungkap Fuji.

Sementara itu, Ketua Apdesi Halut, Tommy Moses yang juga Dewan Panesehat Gempur menjelaskan, pihaknya punya tanggungjawab moral dalam menjaga ketertiban dan keamanan di daerah ini.

Upaya dari rekan-rekan Gempur untuk menyampaikan aspirasi, sangat baik. Namun dia mengimbau, akan sangat baik jika aspirasi ini dibahas duduk bersama, tak harus lewat aksi yang mengganggu kenyamanan dan ketertiban umum.

“NHM adalah aset kita, kekayaan kita dan juga sebagai rumah kita, wajib hukumnya untuk dilindungi,” ujarnya.

Terkait dengan tuntutan, Tommy mengaku akan berupaya membangun komunikasi dengan petinggi PT. NHM untuk di mediasi. (AT)