Genjot 6 Ranperda, DPRD Bonebol Mulai Lakukan Studi Komparasi dan Konsultasi

Genjot 6 Ranperda, DPRD Bonebol Mulai Lakukan Studi Komparasi dan Konsultasi

20/01/2021 20:05 0 By Jeffry

Ketua Bapemperda Bonebol Syamsu Botutihe – hulondalo.id

Hulondalo.id – Guna menggenjot enam ranperda yang diterbitkan rampung di kuartal I. DPRD Bonebol mulai melakukan studi komparasi dan konsultasi di lintas komisi.

Hal ini dilakukan berkaitan dengan dua usul inisiatif yang diusulkan setiap komisi masing-masing di enam ranperda yang ada. Apalagi sesuai tahap mekanisme pembahasan ranperda sudah jelas bahwa Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Bapemperda) mengefektifkan keterlibatan komisi yang berkaitan dengan ranperda yang diusulkan dengan mitra kerjanya.

“Ya studi komparasi mulai kita lakukan dan melakukan konsultasi terkait ranperda tersebut,” kata ketua Bapemperda Syamsu Botutihe

Terpisah, Ketua DPRD Bonebol Halid Tangahu juga mengamini apa ynag disampaikan oleh Syamsu Botutihe.

Menurutnya, studi komparasi dan konsultasi itu 3 komisi di DPRD Bonebol telah memulai tahapannya.

“Terkait ranperda, 3 komisi sudah mulai melakukan studi komparasi dan konsultasi,” ucapnya singkat.

Adapun enam ranperda yang prioritas dibahas diawal tahun ini adalah terbagi di sejumlah komisi I yakni ranperda penyelenggaraan pemanfaatan pelestarian budaya, dan ranperda pelayanan publik.

Sementara komisi II mengenai ranperda masterplan ruang terbuka hijau dan ranperda perlindungan dan pemberdayaan nelayan.

Selanjutnya untuk komisi III terkait ranperda tuntutan ganti rugi daerah serta ranperda tanggungjawab sosial perusahaan yaitu Corporate Social Responsibility (CSR). (Jeff/Adv)