Genjot Program Pro Iklim di Wilayah Pucanglaban, Camat Gagas Kawasan Wisata Hijau

Genjot Program Pro Iklim di Wilayah Pucanglaban, Camat Gagas Kawasan Wisata Hijau

10/10/2020 19:09 0 By Maman

Camat Pucanglaban, Ali Muchtar.

Hulondalo.id – Sejak Desa Kalidawe Kecamatan Pucanglaban ditetapkan menjadi Desa Pro Iklim, oleh Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, membuat Pemerintah Kecamatan Pucanglaban terus menggejot demi suksesnya program itu.

“Di Desa Kalidawe mulai tampak hasilnya, melalui program pro iklim ini, banyak sumber air yang terselamatkan dan kawasan sudah mulai hijau,” kata Camat Pucanglaban Ali Muchtar, usai rapat koordinasi dengan Kepala Desa Demuk di eks Gedung Pemancar TVRI, Sabtu (10/10/2020).

Kawasan hutan di wilayah Pucanglaban lanjutnya, sebagian besar sudah kritis, karena hutan banyak yang gundul dan aktivitas pembakaran hutan masih terjadi. Menurutnya, membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan, harus melalui pendekatan ekonomi. Salah satunya, pembentukan kawasan wisata berbasis pro iklim.

“Tidak penting jenis wisatanya, entah wisata agro atau wisata lain, yang penting menanam dulu agar kawasan ini hijau, jika sudah hijau, dan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sudah tinggi, pasti akan menemukan sendiri peluang-peluang ekonominya,” imbuhnya.

Ali juga menjelaskan, keberhasilan Desa Kalidawe akan dimanfaatkan sebagai motivasi desa-desa lain, sekaligus menggenjot suksesnya program pro iklim di pemerintahannya. Perawatan dan bagusnya sebuah lingkungan, akan berbanding lurus dengan bagusnya ekonomi diwilayah itu.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Demuk, Suwari mengatakan, akan segera menindaklanjuti hasil rapat koordinasi tersebut. Ia mengatakan, akan segera menyusun konsep desa pro iklim bersama lembaga-lembaga di desanya, termasuk pengelolaan kawasan hutan kritis menjadi kawasan wisata hujau.

“Tahun 2021 akan kita mulai Desa Pro Iklim, dan puncaknya pada kawasan wisata hijau atau kawasan wisata pro iklim,” ungkap Suwari. (Sururi)