Geopark di Gorontalo Akan Diusulkan sebagai Geopark Nasional

Geopark di Gorontalo Akan Diusulkan sebagai Geopark Nasional

05/08/2020 15:16 0 By Alex

Gubernur Gorontalo

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat membuka webinar dengan tema ”Pariwisata Berkelanjutan dan Geopark Gorontalo”, Rabu (5/8/2020). (F. Salman/Humas)

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengakui pengembangan pariwisata sejatinya membutuhkan dukungan swasta, termasuk halnya di sektor pariwisata di Provinsi Gorontalo.

“Banyaknya destinasi wisata di Gorontalo, termasuk geopark diharapkan bisa mendatangkan pihak-pihak swasta untuk bersama-sama membangun kawasan ini,” ucap Gubernur Rusli Habibie saat membuka webinar dengan tema “Pariwisata Berkelanjutan dan Geopark Gorontalo” yang diinisiasi oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Bapppeda Provinsi Gorontalo dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Rabu (5/8/2020).

Sejak Tahun 2018, kata Rusli, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menginisiasi pengembangan geopark dengan Pembentukan Komite Geopark Gorontalo dan telah melakukan tahapan-tahapan pengembangan Geopark.

Dan awal tahun ini, pihaknya pun telah menyurat ke Badan Geologi Kementerian ESDM RI untuk melaksanakan Kajian Keanekaragaman Geologi, mendetailkan kajian yang sudah dilaksanakan peneliti lokal.

Beberapa Lokasi yang sudah di identifikasi sebagai Geosite Potensial untuk pengembangan peopark, di antaranya Danau Limboto, Benteng Otanaha, Pendaratan Soekarno, Taman Laut Olele, Hiu Paus Botubarani, Wisata Religi Bubohu, Pantai Dulanga, Hutan Pinus Dulamayo, Hungayono, Pantai Biluhu dan interesting point lainnya seperti Pulau Saronde, Perkampungan Suku Bajo Torosiaje dan Pulau Cinta.

“Tahun ini juga kami akan mengusulkan Geopark Gorontalo sebagai Geopark Nasional,” tandasnya.(adv/alex)