Germas Tunjang Program Pemerintahan, Ridwan Dorong Masyarakat Laksanakan 7 Pilar Kesehatan

Germas Tunjang Program Pemerintahan, Ridwan Dorong Masyarakat Laksanakan 7 Pilar Kesehatan

03/12/2020 22:53 0 By Maman

Evaluasi Germas Gorontalo Utara

Sekda Gorntalo Utara, Ridwan Yasin menyampaika sambutan pada pelaksanaan Evaluasi Program Germas Lintas Sektor. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) kata Sekda Gorontalo Utara, Ridwan Yasin, merupakan penunjang program pemerintahan. Ada 7 pilar kesehatan kata Sekda, yang terus didorong olehnya agar dilaksanakan masyarakat. Dan ASN sebagai penyelenggara pemerintahan adalah pelopornya.

“Diantara 7 pilar ini adalah, gerakan fisik yang setiap hari dilakukan, minimal 30 menit, baik dilingkungan kantor, maupun dirumah masing-masing, serta memakan buah dan sayuran,” kata Sekda usai membuka Evaluasi Program Germas Lintas Sektor di hotel Grand Q Kota Gorontalo, Kamis (3/12/2020).

“Lingkungannya juga harus bersih, termasuk didalamnya jamban juga harus ada, kemudian pemeriksaan kesehatan secara rutin,” tambahnya.

Penerapannya kata Sekda, tidak hanya pada pelaksana program, namun juga kepada masyarakat. Jika masyarakat sehat kata dia, maka dipastikan pemerintahan akan berjalan dengan baik.

“Ini merupakan salah satu penunjang program pemerintah di bidang, pembangunan maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, terhadap penerapan Germas di Gorontalo Utara, Sekda mengatakan, masih akan menghadirkan seluruh lintas sektor, Pimpinan OPD dan para Camat. Ia yakin, Gorontalo Utara termasuk kabupaten yang sangat peduli, akan tujuh pilar tersebut dan dilaksanakan secara bersama.

“Dukungan Tim Pengerak PKK yang selalu berada di garda terdepan tentu diperlukan, selalu memberikan edukasi kepada masyarakat di 123 desa dan 11 kecamatan di Gorontalo Utara,” tandasnya. (Prin/Adv)