Gorontalo Antisipasi Virus Corona dari Turis China di Manado

24/01/2020 20:27 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat membuka Rakor Dinas PU se-Suluttenggo di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (24/1/2020).

Hulondalo.id – Pemerintah tengah mengantisipasi penyebaran virus corona atau pneumonia yang santer datang dari China atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Pemerintah Provinsi Gorontalo pun sudah melakukan upaya serupa. Bagaimana tidak, Gorontalo bertetangga dekat dengan wilayah Sulawesi Utara (Sulut) yang selama beberapa tahun belakangan ini banjir wisatawan dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Hal itu pula diutarakan langsung Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat membuka Rekor Dinas PU se-Suluttenggo di Hotel Peninsula, Manado, Sulut, Jumat (24/1/2020).

“Kita berhati-hati, apalagi kalau ditetapkan Pak Menteri (Kesehatan) itu berbahaya. Saya sudah bicarakan dengan Kadis Kesehatan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie usai kegiatan itu.

Meski demikian, Gubernur Rusli Habibie meminta kepada masyarakat Gorontalo untuk tetap tenang. Menurutnya, pihaknya bersama pemerintah pusat, termasuk kabupaten/kota, telah melakukan langkah-langkah antisipatif untuk mencegah virus berbahaya itu menyebar luas.

“Ini ‘kan masih isu, kita lihat nanti perkembangannya seperti apa. Mudah-mudahan bisa segera diatasi,” sambung dia.

Seperti diketahui, kunjungan wisatawan China di Manado melonjak selama beberapa tahun terakhir. Pada Tahun 2018, turis China ke Manado mencapai 128.830 orang. Menurut pemerintah setempat, angka itu diprediksi meningkat 30% pada Tahun 2019.(adv/Alex)