Gorontalo-Bolmong-Kotamobagu 4 Jam Lebih Black Out, Begini Penjelasan Lengkap PLN

Gorontalo-Bolmong-Kotamobagu 4 Jam Lebih Black Out, Begini Penjelasan Lengkap PLN

18/05/2021 20:03 0 By Alex

black out

ilustrasi PLN.

Hulondalo.id – Listrik di wilayah Gorontalo, Bolaang Mongondow Raya hingga Kotamobagu padam total atau black out selama lebih dari 4 jam, Selasa (18/5/2021).

PLN UIW Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) mengkonfirmasi, telah terjadi gangguan pada sistem transmisi Lopana-Otam sehingga menyebabkan terhentinya pasokan listrik sementara.

Kejadian tersebut mengakibatkan hilangnya tegangan pada 9 gardu induk PLN dengan total beban padam pada sistem Sulutgo 119 Mega Watt (MW) dari total 61 penyulang yang terdampak.

“Dari hasil penelusuran dan lokalisir ditemukan gangguan pada tower nomor 180 dan 181 pada saluran transmisi 150 kV dari GI (Gardu Induk) Lopana ke GI Otam yang menjadi penyebab terputusnya pasokan listrik,” ujar General Manager PLN UIW Suluttenggo, Leo Basuki melalui siaran persnya yang diterima Hulondalo.id.

PLN UIW Suluttenggo pun langsung bertindak cepat dalam tindakan pemulihan pasokan listrik yang terhenti sejak pukul 13.12 Wita.

Hingga pukul 17.15 Wita, petugas PLN telah berupaya menangani proses pemulihan secepat mungkin di mana 23 penyulang berhasil beroperasi dari total 61 penyulang dengan beban masuk yang berhasil dinormalkan sebesar 27,9 MW.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan pelanggan akibat terhentinya pasokan tenaga listrik dan terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik demi pelayanan terbaik untuk masyarakat,” kata Leo.(Inkri)