Gorontalo Waspada Banjir, Pengerukan Galian C di Suwawa Selatan Malah Lampaui Batas 

Gorontalo Waspada Banjir, Pengerukan Galian C di Suwawa Selatan Malah Lampaui Batas 

16/07/2021 20:15 0 By Syakir

Monitoring galian C, DPRD Provinsi Gorontalo, Jumat (16/7/2021).

Hulondalo.id – Komisi II bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Provinsi Gorontalo, kata Ketua Komisi Hj. Espin Tulie, SE,.M.Si, ada temuan yang tak sesuai aturan, saat memonitoring izin galian C di Kabupaten Bone Bolango di antaranya di wilayah Suwawa Selatan, Dutohe, dan Desa Botubarani.

Espin menjelaskan, izin galian C ini sudah berada di Kementerian, dan saat izin ini turun yang memverifikasi dan melakukan pengawasan itu adalah yakni Dinas ESDM.

“Jadi, ini menjadi konsentrasi kami. Karena di Provinsi Gorontalo mengalami hujan dengan hitungan jam kita pasti banjir. Dan, ternyata ada wilayah-wilayah pegunungan yang diberikan izin oleh pemerintah, sebab di wilayah Suwawa Selatan ada sebagian Pegunungan yang hampir 70% yang dikeruk, padahal hanya dibatasi 40%,” kata Srikandi PDIP ini, Jum’at (16/7/2021).

Ia menambahkan, tindak-lanjut kami sebagai Komisi II, akan melakukan rapat dengar pendapat dengan pihak dinas ESDM sekaligus mengundang pengusaha-pengusaha galian C tersebut.

“Kami melakukan monitoring ini sesuai laporan masyarakat terkait izin tersebut dan kita melakukan verifikasi dilapangan sesuai aduan masyarakat tersebut. Kami sebagai wakil rakyat merasa terpanggil,” ungkapnya.

Politisi PDI-P itu menambahkan, pihak terkait harus mempertanggungjawabkan serta mengawasi pekerjaan ini, agar tidak merusak hutan-hutan yang ada karena area ini bersentuhan langsung dengan hutan lindung.

“Ya, izin ini ada yang berlangsung selama 5 tahun. Area intim pertambangan rakyat ini, khususnya pertambangan pasir dan batu, agar dikembalikan pada zona awal artinya ada reklamasi seperti zona awal yang mereka buka,” tandas Politisi PDI-P dapil Kabupaten Gorontalo itu. (Inkri/Adv)