Gorut Rendah Dalam Kepatuhan, Ini Saran Ombudsman !!

Gorut Rendah Dalam Kepatuhan, Ini Saran Ombudsman !!

12/12/2018 18:30 0 By Syakir

Hulondalo.Id – Gorontalo Utara harus berbenah soal kepatuhan. Rilis Ombudsman yang menempatkan Gorut pada posisi paling bawah soal kepatuhan, harus menjadi perhatian utama pemerintahan Indra Yasin – Thariq Modanggu (IQRA).

Dalam rilisnya, Rabu (12/12/18), Ombudsman RI perwakilan Gorontalo mengungkap, sedikitnya ada 11.007 produk layanan yang tersebar di 199 Pemerintah Kabupaten se Indonesia yang dinilai Ombudsman RI.

Nah, dari penilaian itu Gorut berada di urutan terbawah dari lima kabupaten di Provinsi Gorontalo, dengan capaian nilai 44,93. Itu menempatkan kabupaten di ujung utara tersebut berada di zona merah soal kepatuhan terhadap Undang-undang 25 Tahun 2009.

Sebelumnya, yang menempati posisi terbawah adalah Kabupaten Boalemo. Namun kemudian berhasil merangkak naik di tahun 2017, dan berada di zona kuning dengan skor penilaian 52,60.

Baca : Di Mata Ombudsman, Pohuwato Zona Hijau soal Kepatuhan

Sementara itu, Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Gorontalo, Alim S Niode menjelaskan bahwa terkait dengan raihan predikat kepatuhan pemerintah daerah terhadap Undang-undang 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik membutuhkan banyak hal. “ Akan tetapi kunci dari semua adalah political will kepala daerah,” tutur Alim singkat. (hl/pr/syakir)