Gratis Pendidikan dan Kesehatan, Muhtar Janji Sejahterakan Warga Pesisir

Gratis Pendidikan dan Kesehatan, Muhtar Janji Sejahterakan Warga Pesisir

16/11/2020 09:16 0 By Syakir

Calon Bupati Tolitoli, Muhtar Deluma berziarah ke makam raja Tolitoli, di Pulau Lutungan, Kelurahan Nalu, Sabtu (14/11/2020).

Hulondalo.id – Pendidikan gratis sampai sarjana hingga pengobatan gratis, masuk dalam program Calon Bupati Tolitoli, Muhtar Deluma. Khusus warga pesisir, Muhtar juga menjanjikan bantuan sektor perikanan dan budidaya rumput laut.

Dikatakan Muhtar, jika masyarakat memilihnya sebagai Bupati Tolitoli, salah satu program unggulannya adalah ekonomi kerakyatan. Usaha rumahan atau home industri akan semakin digalakkan sebagai salah satu sumber pemasukan bagi warga.

Begitu juga upaya untuk mengaktifkan kembali perusahaan daerah. Menurutnya, ini salah satu langkah untuk memudahkan pembangunan infrastruktur seperi jalan.

“ini merupakan bagian dari 14 program kerja nyata, yang akan mendorong percepatan perubahan bagi Tolitoli yang lebhi baik lima tahun kedepan,” ungkapnya saat kampanye di Pulau Lutungan, Kelurahan Nalu, Sabtu (14/11/2020).

Sektor budidaya perikanan dan rumput laut, lanjut Muhtar akan menjadi program unggulan untuk masyarakat pesisir khususnya mereka di Pulau Lutungan. Bantuan bibit hingga keramba akan disediakan, dan diberikan gratis untuk masyarakat nanti.

Kampanye Calon Bupati Paslon nomor 2, Muhtar Deluma, di Pulau Lutungan, Kelurahan Nalu, Sabtu (14/11/2020).

Muhtar juga memberikan tips kepada warga Pulau Lutungan, untuk bisa memanfaatkan lahan tidur di sekitar mereka, seperti pekarangan rumah, dengan menanam tanaman jangka pendek, seperti cabai, tomat, bawang dan rempah lainnya. Sehingga, masyarakat tak perlu keluar pulau hanya untuk membeli komoditas seperti itu.

“banyak hal yg bisa di lakukan untuk membantu pengasilan sehari hari, masyarakat akan mengalami kemajuan jika memiliki tekat dan keinginan yang kuat dalam merubah nasibnya sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, sebelum berkampanye, Calon Bupati nomor urut 2, Muhtar Deluma menyempatkan diri berziarah ke sejumlah makam Raja Tolitoli yang ada di Pulau Lutungan. (**)