Gubernur Gorontalo Tekankan Pentingnya Peran Orang Tua Berantas Narkoba

Gubernur Gorontalo Tekankan Pentingnya Peran Orang Tua Berantas Narkoba

15/10/2020 22:21 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menekankan pentingnya peran orang tua untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba sejak dini pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional, Kamis (15/10/2020).

Hulondalo.id – Memberantas narkoba bukan hanya menjadi tanggung jawab negara, tapi juga harus dimulai dari lingkungan keluarga. Olehnya, keluarga diminta berperan dalam memberantas peredaran narkoba.

“Jangan hanya mengandalkan petugas. Polisi kita tidak akan sanggup, TNI terbatas, kejaksaan terbatas. Yang paling penting adalah peran orang tua. Coba anak-anak kalau sudah di atas jam 10 malam itu di cari. Jangan dibiarkan keluyuran,” kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat peringatan Hari Anti Narkotika Internasional tingkat Provinsi Gorontalo yang digelar di gedung IPWL Ummu Syahidah, Kamis (15/10/2020).

Di era serba digital saat ini, kata Rusli, para remaja mampu mengakses informasi apa pun dari mana saja. Olehnya, orang tua diminta untuk selalu memantau kegiatan anak-anaknya.

“Kalau anak sudah terlalu lama pegang HP, di cek, di periksa. Jangan dibiarkan saja,” sambung dia.

Rusli juga mewanti-wanti ASN yang anaknya terlibat narkoba. Dia tidak akan ragu untuk memberhentikan ASN tersebut dari jabatannya sebagai komitmen untuk memberantas peredaran narkoba di Gorontalo.

Bagi anak yang membutuhkan rehabilitasi akibat kecanduan narkoba, Rusli mengingatkan saat ini telah ada Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) Ummi Syahidah Provinsi Gorontalo. Bagi yang ingin menjalani rehabilitasi diharapkan untuk melapor di institusi ini dan tidak akan dipungut biaya.(adv/alex)