Gubernur Gorontalo Wanti-wanti 3 Daerah Segera Tuntaskan Perekaman e-KTP

Gubernur Gorontalo Wanti-wanti 3 Daerah Segera Tuntaskan Perekaman e-KTP

16/11/2020 21:42 0 By Alex

Gubernur Gorontalo perekaman e-KTP

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat menyerahkan e-KTP kepada perwakilan masyarakat Gorontalo yang belum melakukan perekaman. Penyerahan ini dicanangkan serentak oleh KPU RI, Senin (16/11/2020). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memperingatkan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) Provinsi Gorontalo, terutama DKCS di 3 daerah yang akan menggelar Pilkada Serentak agar tuntas melaksanakan perekaman e-KTP.

Gubernur Rusli Habibie berharap, masyarakat Gorontalo yang telah melakukan perekaman e-KTP sudah tuntas 100% dan bisa memberikan hak suaranya pada Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

“Semoga sebelum hari H warga Gorontalo yang punya hak suara sudah terekam 100%,” ujar Rusli saat Gerakan Perekaman KTP-el yang dicanangkan serentak oleh KPU, Senin (16/11/2020).

Sebelumnya, DKCS Provinsi Gorontalo menyebut masih ada 8.125 orang yang memiliki hak pilih di 3 daerah yang melaksanakan Pilkada Serentak belum memiliki e-KTP. Pun 6.100 di antaranya berdomisili di Kabupaten Gorontalo.

Kepala DKCS pun menyebut, kendala yang dihadapi DKCS di Kabupaten Gorontalo dengan jumlah warga terbanyak yang belum terekam e-KTP karena kekurangan alat printer.

“Berapa printer itu? Rp 50 juta satu unit? Rp 50 juta menghalangi Pemilu? Besok bikin surat kita adakan. Kalau belum ada anggarannya, saya pinjamkan pakai uang pribadi,” tegas Gubernur Rusli Habibie.

Rusli juga meminta kepada DKCS provinsi dan kabupaten yang melaksanakan Pilkada Serentak agar menuntaskan perekaman e-KTP paling lambat sepekan sebelum hari pemungutan suara.

Selain akan menambah alat, petugas DKCS pun diminta rajin turun lapangan dengan melakukan pelayanan jemput bola.(adv/alex)