Gubernur-Pangdam Merdeka Resmikan Jembatan NKRI Mekar Jaya, Wonosari

Gubernur-Pangdam Merdeka Resmikan Jembatan NKRI Mekar Jaya, Wonosari

04/09/2019 14:32 0 By Alex

Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang saat meresmikan Jembatan Merah Putih NKRI di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Rabu (4/9/2019)

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie bersama Pangdam XIII/Merdeka, Mayor Jenderal TNI Tiopan Aritonang meresmikan Jembatan Merah Putih NKRI di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Boalemo, Rabu (4/9/2019).

Ini merupakan jembatan NKRI yang kesekian kalinya yang dikerjasamakan dengan TNI. Kali ini, jembatan Merah Putih NKRI di Desa Mekar Jaya ini bernilai Rp 3,6 Miliar.

Pun Gubernur Gorontalo Rusli Habibie punya alasan mengapa pekerjaan jembatan Merah Putih NKRI dikerjasamakan dengan TNI.

“Kalau harus kita lelang itu makan waktu. Minimal 2 bulan hanya untuk proses lelangnya. Apalagi kalau kontraktornya belum ada uang muka,” kata Gubernur Rusli Habibie.

“Ini (jembatan Merah Putih NKRI) saja belum ada SPK, belum ada kontraknya, tapi pak Danrem sudah kerja,” sambung dia.

Terpisah, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Tiopan Aritonang mengatakan, pembangunan jembatan Merah Putih NKRI merupakan salah satu bentuk sinergi yang dibangun oleh TNI untuk bersama-sama segenap komponen bangsa yang ada di Gorontalo dalam upaya membantu kesulitan masyarakat.

“Jembatan ini tentunya sangat membantu mobilitas penduduk dalam kegiatan sehari hari untuk kepentingan bisnis, pekerjaan, sosial maupun pendidikan anak-anak generasi muda Desa Mekar Jaya,” jelas Pangdam.

Jembatan dengan panjang 15 meter dan lebar 6 meter tersebut bangunan atasnya merupakan Gelagar Beton Bertulang (Balok T). Sementara untuk bangunan bawahnya berjenis abutmen beton dengan pondasi sumuran diameter 2 meter.(usman)