Gubernur Segera Terbitkan Aturan Wajib Masker Buat Warga Gorontalo dan Layanan Publik

Gubernur Segera Terbitkan Aturan Wajib Masker Buat Warga Gorontalo dan Layanan Publik

13/04/2020 23:20 0 By Alex

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 saat konfrensi pers, Senin (13/4/2020).(F. Salman/Humas)

Hulondalo.id – Bagi warga Gorontalo yang beraktivitas di luar rumah tanpa menggunakan masker, Gubernur Rusli Habibie segera mengeluarkan aturan agar ada efek jera bagi masyarakat.

Ya, Gubernur Gorontalo dalam waktu dekat ini akan mengeluarkan surat edaran yang mana salah satu isinya menyebutkan, penyedia jasa layanan di daerah tidak diperkenankan melayani warga yang tidak menggunakan masker.

Penyedia jasa layanan publik yang dimaksudkan disini adalah perkantoran, perbankan, warung, toko, pasar tradisional, transportasi umum dan layanan publik lainnya.

“Secepatnya edaran akan dibuat. Saya akan menyurat ke semua instansi, termasuk layanan di SPBU. Kalau ada yang mengantri BBM tidak pakai masker jangan dilayani. Kalau ada yang protes, bilang saya yang perintah,” tegas Gubernur Rusli Habibie, Senin (13/4/2020).

Sikap tegas Gubernur Gorontalo ini tidak lain semata-mata untuk mencegah penularan virus corona di masyarakat. Gubernur Rusli Habibie sangat memahami bahwa tidak semua orang bisa tetap berdiam diri di rumah. Olehnya, meski beraktivitas di luar rumah wajib patuh terhadap standar protokol kesehatan.

Sebaliknya, sanksi juga diberikan kepada penyedia jasa layanan publik jika tidak menerapkan edaran tersebut.

“Kalau ada instansi kedapatan melayani warga yang tidak pakai masker, siap-siap kena sanksi. Kalau dia layanannya usaha, saya minta izinnya dicabut,” tegas dia.

Rusli berharap, masyarakat Gorontalo bisa terus bekerjasama dalam upaya memerangi virus corona. Masalah ini harus dianggap serius, apalagi saat ini sudah ada satu pasien yang positif corona di Gorontalo.(adv/alex)