Gubernur & Walikota Cek Kesiapan Faskes, Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Kota Gorontalo

Gubernur & Walikota Cek Kesiapan Faskes, Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 di Kota Gorontalo

12/07/2021 13:54 0 By Maman

Kesiapan Faskes Rusli Marten

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan Walikota Gorontalo, Marten Taha mengecek kesiapan Faskes. (foto:hms)

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie bersama Walikota Gorontalo, Marten Taha mengecek kesiapan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Aloe Saboe dan Otahana. Walikota mengatakan, pengecekan ini guna mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Kota Gorontalo.

“Kami memiliki dua rumah sakit tipe B yang ditunjuk oleh Menkes sebagai rujukan Covid-19, dan rumah sakit Otanaha tipe C sebagai rujukan Covid-19 jikalau diperlukan dalam penanganan,” ungkap Marten, Senin (12/7/2021).

Terkait sarana prasarana dan fasilitas kata Walikota, baik itu alat kesehatan, fasilitas penunjang lainnya utamanya oksigen sudah dipersiapkan. Diakui Politisi Golkar ini, kesulitan yang dihadapi saat eskalasi Covid-19 adalah, tenaga kesehatan. Sebab tenaga kesehatan sangat terbatas baik dokter serta tenaga medis. Namun ini akan dimaksimalkan jikalau pun terjadi lonjakan.

Di rumah sakit Aloe Saboe kata Walikota, sudah menyiapkan 2 gedung yang mampu menampung 30 bed dan 70 bed, keseluruhannya bisa menampung 100 orang.

“Dalam mengantisipasi ini, kita Pemerintah Kota Gorontalo sudah siap jikalau terjadi eskalasi lonjakan kasus covid-19 di Gorontalo,” tuturnya.

“Di RS Aloesaboe saat ini berjumlah 44 orang yang dirawat, dan khusus Kota Gorontalo berjumlah 14 orang dirawat sisanya dari kabupaten lainnya,” tutupnya. (Inkri/Adv)