Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo Terima 20.000 Reagen Kit & VTM Dari BNPB

Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo Terima 20.000 Reagen Kit & VTM Dari BNPB

18/06/2020 22:56 0 By Rinto

Bantuan reagen kit dan VTM dari BNPB yang diterima Gugus tugas Covid-19 Pemerintah Provinsi Gorontalo. (Foto: dok. Dikes)

Hulondalo.id- Sebanyak 20.000 reagen kit dan Virus Media Transfer (VTM) di terima tim Gugus tugas Covid-19 Provinsi Gorontalo. Bantuan berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu, masing-masing berjumlah 10.000.

Plt. Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole menyatakan, khusus untuk Reagen Kit, akan di gunakan sepenuhnya oleh BPOM. Sementara itu, VTM akan di distribusikan ke kabupaten/kota untuk keperluan tracking kontak pasien yang terindikasi covid-19.

“Alhamdulillah, berkat upaya dari Gubernur Rusli Habibie dan Ibu Idah Syahidah selaku anggota DPR RI Komisi VIII, kami memperoleh bantuan dari BNPB,” ungkap Misranda, Kamis (18/6/2020).

Menurut perempuan berkacamata ini, kedua alat tersebut begitu penting digunakan dalam mempercepat proses swab test di laboratorium BPOM Gorontalo.

“Terlebih lagi, bila membeli alat tersebut harganya mahal, pun juga susah di dapat, sebab semua daerah ikut membutuhkannya,” tambahnya.

Juga, kata Misranda, pemeriksaan swab saat ini, masih diprioritaskan bagi pasien dengan rapid test reaktif, maupun yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Untuk VTM, biasa digunakan sebagai wadah sampel atau spesimen yang diambil dari pasien.

“Atas nama Bapak Gubernur dan pemerintah provinsi kami mengucapkan terima kasih kepada BNPB, Gugus Tugas Pusat maupun Kementrian Kesehatan yang sudah memfasilitasi alat ini,” tutupnya. (Rinto/Adv)