Hanya Haji Darem yang Berani ‘Lawan’ ASN

Hanya Haji Darem yang Berani ‘Lawan’ ASN

28/05/2020 23:47 0 By admin

Bupati Boalemo Hi. Darwis Moridu

Hulondalo.id – Darwis Moridu memang sosok kepala daerah yang nyentrik. Hampir semua kebijakannya bisa dikatakan anti mainstream, bahkan cenderung nyeleneh. Terbaru, pria yang akrab disapa Haji Darem itu kembali marah-marah dengan jajaran ASN di lingkungan Pemda Boalemo.

Saking geramnya, Darwis sampai kelepasan bicara. Tidak sedikit orang menyoroti penggunaan bahasa yang sebenarnya adalah ungkapan emosi Bupati Boalemo itu, tapi sedikit yang melihat alasan kenapa bupati yang juga dikenal sebagai juragan jagung tersebut marah-marah ke bawahannya.

Terlepas dari alasan sampai kenapa sampai bupati marah-marah, kalau mau jujur, sebenarnya hampir semua kepala daerah sakit kepala mengurusi para ASN, walaupun ada juga ASN yang benar-benar paham tupoksi dan keinginan pimpinannya.

Bedanya, hanya Darwis Moridu yang berani memarahi habis-habisan para ASN ini. Entah beliau sadar atau tidak, tapi secara normal, para kepala daerah yang ingin maju periode kedua, cenderung berpihak ke para ASN agar peroleh dukungan.

Entah nekat atau memang ada alasan kuat, kenapa pria yang akrab disapa Darem itu sampai segitu geramnya dengan bawahan. Walaupun ada yang bilang, kemarahan Darem bukan untuk semua ASN, tapi hanya orang tertentu saja yang dianggapnya golojo (tamak) dengan jabatan.

Btw, bicara soal marah-marah, pimpinan yang marah dengan bawahannya itu adalah hal yang bisa dimaklumi. Kenapa? karena, rakyat tidak akan menghakimi ASN jika ada program pemerintah tidak berjalan maksimal. Mereka akan langsung menyoroti bahkan menjustifikasi si kepala daerah yang dianggap tidak becus mengurus daerah.

Mungkin saja maksud Bupati Boalemo itu baik. Hanya saja karena dalam keadaan emosional, cara menegurnya oleh sebagian orang ditanggapi sebagai sikap over reaksi.

Wallahu Alam..(Narto)