Hanyut Saat Menyebar Pukat, Kades & Warga di Tolitoli Akhirnya Ditemukan

Hanyut Saat Menyebar Pukat, Kades & Warga di Tolitoli Akhirnya Ditemukan

08/06/2020 17:08 0 By Maman

TRC BPBD dan Basarnas, TNI AD saat memabwa korban yang hanyut di Tanjung Tolitoli yang hilang dua hari sebelumnya.

Hulondalo.id – Dua warga Tolitoli, Rahman (Kepala Desa Pangi) dan Kahar (Nelayan), akhirnya ditemukan ti SAR BPBD Tolitoli, Senin (8/6/2020) sekitar pukul 06.50 wita. Keduanya sebelumnya hanyut saat menyebar pukat di Tanjung Tolitoli Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan, Sabtu (6/6/2020).

Informasi dihimpun hulondalo.id dilapangan, kedua korban dan tiga warga lainnya, diketahui sedang menangkap ikan dengan cara menyebar pukat, Sabtu malam pekan kemarin, sekitar pukul 21.00 wita.

Mereka menggunakan dua pukat. Pukat pertama digunakan oleh kedua korban, dan pukat yang kedua digunakan oleh tiga warga lainnya dari Desa Pangi. Namun, arus laut saat itu, membuat pukat yang digunakan kedua korban semakin menjauh dari daratan. Upaya pertolongan dilakukan oleh ketiga warga lainnya, namun tak bisa.

Kejadian ini langsung ditindak lanjuti oleh Polsek Baloan. Koordinasi langsung dilakukan dengan BPBD, Basarnas Sulteng, TNI AD dan lembaga terkait lainnya, untuk melakukan pencarian. Pencarian selama dua hari dua malam, berujung pada Senin pagi.

Seorang nelayan yang sedang ikan, menemukan korban atas nama Rahman sekitar pukul 06.50 wita. Informasi ini direspon Tim Reaksi Cepat BPBD dan unsur terkait, untuk melakukan evakuasi. Korban kemudian dibawa ke Pantai Gaukan.

Setelah itu, TRC BPBD kembali ke lokasi sebelumnya ditemukan Rahman, untuk mencari korban lainnya. Tepat pukul 08.25 wita korban kedua, Kahar ditemukan dalam keadaan meninggal juga.

Kedua korban kemudian dibawa ke RSUD Mokopido Tolitoli setelah itu diserahkan kepada keluarga, untuk dimakamkan. (Andis)