Hapus Stigma Negatif, Anak Motor di Gorontalo Rutin Donor Darah

Hapus Stigma Negatif, Anak Motor di Gorontalo Rutin Donor Darah

04/11/2021 12:01 0 By Syakir

Donor darah anggota komunitas bold riders Gorontalo

Hulondalo.id – Stigma negatif terhadap anak-anak motor di Gorontalo perlahan semakin menghilang. Hal ini tak lepas dari kontribusi positif yang terus ditunjukkan komunitas motor Bold Riders Gorontalo bagi masyarakat.

Koordinator Bold Riders Gorontalo Mokhamad Robby Hidayat menyebut salah satu kontribusi positif yang kembali dilakukan komunitas Bold Riders Gorontalo adalah terlibat dalam kegiatan donor darah ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’ di PMI Kota Gorontalo pada 23-24 Oktober 2021. Dalam kegiatan ini, berhasil terkumpul 158 kantong darah dari total 179 peserta.

“Teman-teman Bold Riders Gorontalo terus berkomitmen untuk melakukan berbagai kegiatan positif, terutama yang memberikan manfaat bagi orang lain. Wajar jika mereka bisa menyumbangkan ratusan kantong darah ke PMI Gorontalo. Apalagi sejak 2020 lalu, setiap 2 bulan mereka selalu mendonorkan darah. Bahkan PMI Kota Gorontalo sempat memberikan penghargaan, karena dalam waktu 4 bulan, teman-teman Bold Riders Gorontalo mampu menghasilkan 571 kantong darah,” sebut Robby.

Tahun ini kegiatan donor darah ini diramaikan oleh 19 Komunitas Bold Riders yang terdiri dari Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Gorontalo (YVCI-G), Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Kab. Gorontalo (YVCI-DM), X-Riders Yamaha Indonesia ( XYI-G), Yamaha R15 Club Indonesia (YR15 CI-G), Honda Street Fire Club Indonesia (HSFCI-G), CBR Club Indonesia (CCI-G), Honda Sonic 150R Owner Indonesia (HSOI-G), Honda PCX Club Indonesia (HPCI -G), dan Fighter Independent Max Community Gorontalo (FIMAC-G).

Selain itu juga ada Maxi Family Indonesia Gorontalo (MFI-G), Suzuki Riders F150 Club (SRFC-G), Yamaha Vixion Club Indonesia Chapter Gorut (YVCI-GU), Fino Owners Indonesia Chapter Limboto (FOI-Limboto), X-Riders Yamaha Indonesia Limboto Region (XYI-Limboto), Ninja Owner Community Gorontalo (NOC-G), Honda Beat Club Gorontalo (HBC-G), Maxi Family Indonesia Gorontalo Utara (MFI-GU), Honda ADV Indonesia (HAI) Chapter Gorontalo, Maxi Family Indonesia Limboto (MFI-L).

Kegiatan donor darah oleh komunitas Bold Riders Gorontalo ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA). Mereka ikut terlibat dalam pembuatan dan pemecahan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021, yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah ini.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2021’. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama di antara beragam komunitas di Indonesia Timur.

Kegiatan Donor Darah ini juga diharapkan akan memecahkan rekor MURI. Ada dua kategori rekor MURI yaitu donor darah di kota dan kabupaten terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri 2020’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (*)