Hari Ini, Tiga Paslon Bupati-Wabup Tolitoli Ikuti Debat

Hari Ini, Tiga Paslon Bupati-Wabup Tolitoli Ikuti Debat

17/11/2020 06:51 0 By Maman

Debat Kandidat Pilkada Tolitoli

Lokasi pelaksanaan Debat Kandidat Bupati-Wabup Tolitoli. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Pelayanan dan persoalan di daerah akan dibahas tiga paslon Bupati-Wabup Tolitoli, dalam tahapan debat kandidat Pilkada Tolitoli tahun 2020. Sesuai rencana, debat kandidat ini akan disiarkan melalui LPP RRI Tolitoli.

Komisioner KPU Tolitoli, Muhadir mengatakan, debat kedua ini akan digelar tepat pukul 15.00 WITA. Adapun materi yang dibahas dalam debat kedua ini kata Muhadir, peningkatan pelayanan kepada masyarakat, penyelesaian persoalan daerah serta, kebijakan dan strategi dalam penanganan pencegahan pengendalian Covid-19 di Tolitoli.

“Materi debat nanti umumnya menyangkut pelayanan dan persoalan daerah,” tandas Muhadir yang juga Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM KPU Tolitoli.

Muhadir juga mengatakan, terhadap paslon Bupati-Wabup yang menolak hadir dalam debat terbuka, akan diberikan sanksi moral berupa, pengumuman ke publik bahwa yang bersangkutan tidak mengikuti debat publik kedua.

Namun kata Muhadir, jika ada paslon yang berhalangan hadir karena sakit, maka paslon tersebut diharuskan memiliki surat keterangan dari rumah sakit atau intansi terkait. Dan sebelum debat dilaksanakan, surat keterangan sakit sudah disampaikan ke KPU. Paling lambat, tiga hari agar paslon itu tidak dikenakan sanksi.

Debat kedua kali ini kata dia, juga akan disiarkan melalui live streaming, yang berdurasi 120 menit. Dia berharap, paslon bisa memanfaatkan waktu seefektif mungkin. Sebab, durasi waktu untuk pendalaman visi misi hanya 3 menit di segmen pertama.

“Demikian halnya segmen selanjutnya yakni, hanya 2 menit dan 1 menit, jadi dengan ketentuan waktu itu harus digunakan sebaik-baiknya,” ungkap Muhadir.

Pembatasan jumlah yang hadir juga akan dilakukan yakni, 3 paslon masing-masing 4 orang tim sukses yang mewakili, Bawaslu 4 orang, tim pakar 5 orang dan 3 komisioner KPU Tolitoli. Debat ini juga akan memenuhi standar protokol kesehatan yang berlaku. (Andis)