Hari Sumpah Pemuda 2020, Sodik Purnomo: Pemuda Jangan Alay

Hari Sumpah Pemuda 2020, Sodik Purnomo: Pemuda Jangan Alay

28/10/2020 15:33 0 By Maman

Sodik Purnomo

Sodik Purnomo.

Hulondalo.id – Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2020, punya suasana kebatinan yang berbeda dengan sumpah pemuda tahun 1928. Diera sekarang, tantangan yang dihadapi pemuda lebih kompleks, dalam mengisi kemerdekaan dan menjalankan ideologi bangsa, untuk mencapai kesejahteraan bersama.

Kekhawatirannya saat ini kata Sodik Purnomo, berupa serangan globalisasi dari aspek budaya. Globalisasi kata dia, menghilangkan sekat antar negara, yang mempermudah budaya asing yang negatif, bisa masuk dengan cepat ke Indonesia.

Efek globalisasi lanjutnya, menjadi problem yang melingkupi pemuda sekarang lebih banyak. Satu, dalam konteks membangun komunitas pemuda itu sendiri, dan yang kedua, konteks pemuda dalam membangun negara ini.

Selain itu, memahami dan menjalankan pancasila untuk mencapai kesejahteraan bersama, serta mempertahankan NKRI, itu membutuhkan peran pemuda yang kongkrit.

“Pemuda jangan alay, yang kebanyakan medsos tapi tidak produktif,” kata Sekretaris DPC PDIP Tulungagung ini, Rabu (28/10/2020).

“Tantangan pemuda saat ini sangat banyak, antara lain globalisasi, hedonisme, konsumerisme, imitatif, dan semua hal negatif itu sedang mengejar pemuda Indonesia,” imbuhnya.

Untuk membentengi pengaruh negatif itu, Sodik mengajak seluruh pemuda khususnya pemuda Tulungagung, memperbanyak baca buku atau literatur, agar pengetahuan para pemuda lebih luas. Dan tidak mudah terpengaruh oleh isu hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Pemuda jangan sampai menyebarkan hoax yang mengganggu keamanan dan ketertiban bangsa.” tandasnya. (Sururi)