Hebat, Inspektorat Kota Gorontalo dapat Penghargaan BPKP

Hebat, Inspektorat Kota Gorontalo dapat Penghargaan BPKP

12/02/2020 00:30 0 By Jeffry

Walikota Gorontalo Marten Taha saat menerima penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Gorontalo di Maqna Hotel, Selasa (11/2/2020). (F.Humas)

Hulondalo.id – Tak henti-hentinya Pemerintah Kota Gorontalo mengukir prestasi dibidang pemerintahan. Kali ini, Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam hal ini Inspektorat Kota Gorontalo mendapat penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Gorontalo pada Work Shop Pimpinan Kepada Daerah di Maqna Hotel, Selasa (11/2/2020).
Walikota Gorontalo Marten Taha mengatakan, penghargaan berupa peningkatan APIP telah mencapai level tiga merupakan sebuah prestasi gemilang.
“Artinya, itu sudah pada tingkat kematangan,” ujar Marten.

Menurut Marten, ada 4 hal penting yang dicanangkan dan menjadi perhatian Pemerintah Kota Gorontalo, serta Inspektorat. Yakni peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Secara kuantitas memang Kota Gorontalo masih sangat terbatas. Karena tidak mudah mencari tenaga-tenaga yang punya kompetensi, khususnya dibidang pengawasan. Untuk ditugaskan dan bekerja di Inspektorat, serta memiliki keahlian, kompetensi dan kapabilitas,” jelasnya.

Kemudian lanjut Marten, berkaitan dengan peningkatan anggaran. Pemerintah Kota Gorontalo sendiri sudah memenuhi apa yang menjadi penegasan Permendagri Republik Indonesia, tentang pengelolaan anggaran di Inspektorat minimal 1 persen dari APBD daerah.

Selain itu kata Marten, mengenai dengan persoalan penguatan dan metode APIP. Pemerintah Kota Gorontalo sudah melaksanakannya dengan sistem kontrol, yang menggunakan digital. Bahkan, untuk pengawasan itu sendiri sudah ter uptodate.

“Kenapa demikian, karena Inspektorat adalah kunci dari sistem pengawasan yang memberikan penguatan terhadap tata kelola pemerintahan kita. Sehingga ketika dilakukan pemeriksaan oleh instansi lain baik dari BPKP dan Kantor Akuntan Publik, kami sudah kuat,” tutup Marten.(Jeff/Adv)