Hentikan Tutuhiya di Kampus Peradaban, Biarkan EW Bekerja

Hentikan Tutuhiya di Kampus Peradaban, Biarkan EW Bekerja

17/01/2020 08:59 0 By Syakir

Yowan Sukarna.

Hulondalo.id – Sejak dilantik menjabat rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Eduart Wolok sepertinya tak lepas dari persoalan. Ada kelompok lain yang masih menyimpan dendam, dan diduga terus bermanuver.

Yowan Sukarna salah seorang aktivis muda Gorontalo menilai, manuver yang bertujuan menjatuhkan atau menggangu, adalah hal biasa di politik. Budaya ini dikenal dengan nama Tutuhiya (saling menjatuhkan). Tapi lagi lagi ini mainan para politisi.

Nah, belakangan ini manuver serupa terlihat di lingkungan akademisi, pasca terpilihnya Eduart Wolok (EW) sebagai Rektor UNG. Sepertinya ada pihak yang kecewa dengan menangnya Eduart dalam pemilihan, padahal semua sudah melalui proses demokrasi yang transparan.

“Ini budaya yang tidak bagus dan harus dihilangkan. Dewasalah menerima kekalahan. Dan paling penting, Stop ganggu pak EW, berikan kesempatan beliau memimpin UNG. Ingat UNG dikenal sebagai kampus peradaban” ungkap Yowan.

Soal kisruh pemilihan Ketua PGRI Provinsi Gorontalo, Yowan mengaku tidak utuh mengikuti prosesnya. Namun sebagai aktivis yang lahir dari organisasi, dirinya berpendapat siapapun dia kalau lahir dari musyawarah atau konfrensi, maka dialah ketua yang sah. Apalagi setahu dia, saat konfrensi PGRI Gorontalo tidak ada yang menyoal keikutsertaan Eduart Wolok sebagai salah satu kontestan.

“Kalau beliau bermasalah, kok tidak dari awal diprotes atau pada saat Konferensi PGRI berlangsung. Kenapa nanti setelah kurang lebih dua pekan baru muncul protes mempersoalkan terpilihnya pak Eduart. Ini kan aneh, tidak sehat dan publik pasti akan menghubung hubungkan ini dengan suksesi Pilrek kemarin,” imbuhnya.

Seperti diketahui, saat pemilihan Ketua PGRI, Eduart berhasil unggul dengan perolehan 75 suara, sementara Ani Hasan hanya mendapat suara 39, Weni Liputo 1 suara dari 115 total pemilik hak suara. Beberapa hari terakhir ini muncul isu penganuliran terpilihnya Eduard Wolok sebagai Ketua PGRI Provinsi Gorontalo. (man)