Heroik!! Aksi Petugas Damkar Boalemo Memadamkan Api Meski Wajahnya Terbakar 

Heroik!! Aksi Petugas Damkar Boalemo Memadamkan Api Meski Wajahnya Terbakar 

10/04/2021 15:39 0 By Syakir

Yayan Yusuf Petugas Damkar Kabupaten Boalemo, yang harus dirawat di rumah sakit akibat luka bakar di wajahnya, saat memadamkan api di rumah warga, Jumat malam (9/4/2021)

Hulondalo.id Kalau bukan karena aksi petugas pemadam kebakaran ini, mungkin api sudah membesar dan melalap rumah warga di Desa Potanga, Botumoito, Kabupaten Boalemo. Kendati usai memadamkan api, si petugas damkar harus dilarikan ke rumah sakit.

Jumat malam (9/4/2021) Yayan Yusuf baru balik dari Kantor Damkar pulang menuju rumahnya. Di perjalanan, dirinya melihat ada orang berkerumun di salah satu rumah warga di Desa Potanga, Botumoito.

Yayan pun bergegas turun untuk mencari tau apa penyebab kerumunan itu. Dan ternyata sejumlah warga tengah mencoba memadamkan api dari kompor gas yang bocor. Warga terlihat panik karena upaya mereka sia-sia, dan api mulai membesar.

“Saat itu langsung dia (Yayan) turun, dengan melakukan tindakan sendiri yaitu menutup api menggunakan kain basah,” ungkap Kabid Damkar Boalemo, Erpin P. Susanto, saat menceritakan aksi anak buahnya itu.

Api memang langsung bisa ditangani. Naas, meski tidak lagi membesar, namun Yayan tidak sadar kalau api masih menyala lewat bawah kompor, dan langsung menyambar wajahnya..

“meski kesakitan, ia tetap berusaha memadamkan apinya sampai padam, hingga tidak terjadi kebakaran,” terangnya.

Setelah kejadian itu, kata Erpin, Tim damkar tiba di lokasi lalu melakukan sosialisasi tekait pemadaman api maupun hal-hal yang mengakibatkan kebekaran. Dan anggota damkar yang terluka lansgung dibawah ke rumah sakit untuk dilakukan perawatan. (Mg-03)