Hilang Saat Melaut, Nelayan Bangkep Ditemukan Selamat di Perairan Boltim

Hilang Saat Melaut, Nelayan Bangkep Ditemukan Selamat di Perairan Boltim

17/06/2020 23:47 0 By Jeffry

Eko Saputra (30), nelayan yang hilang saat Melaut ditemukan selamat di perairan Boltim (Sulut)

Hulondalo.id – Nelayan asal Desa Abason, Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep, Sulawesi Tengah (Sulteng), Eko Saputra (30) yang dinyatakan hilang saat melaut di perairan Bangkep ditemukan terdampar di perairan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut penuturan keluarganya, sebelum dinyatakan hilang, Eko kala itu turun melaut Tuna Fish sejak Ahad (14/6/2020) dini hari.

Namun Eko hingga esok hari tak kunjung juga kembali. Keluarga pun mulai khawatir dan melakukan pencarian. Pencarian bahkan melibatkan tim gabungan Basarnas. Hingga kemarin, namun pencairan nihil.

Terinformasi Eko telah ditemukan nelayan di Desa Dodap Pantai, Kecamatan Tutuyan, Boltim, Rabu (17/6/2020).

Aldi Lumikis, warga Desa Dodap Pantai saat diwawancarai NewsNesia.id (hulondalo.id grup) mengatakan, Eko Saputra ditemukan kakaknya Reki Lumikis. Saat itu kata Aldi, kakaknya sedang berada di rakit yang jaraknya kurang lebih 41 mil dari bibir pantai.

“Kakak saya kaget melihat ada perahu yang mulai mendekat ke rakit. Kaka saya langsung menolong dan menaikan ke rakit, memberikan makan minum,” ujar Aldi, menirukan perkataan kakanya Reki.

Menurutnya, Eko Saputra sampai saat ini masih berada di rakit. Keluarganya juga sudah mengirim tambahan bahan makanan ke rakit.

“Dia (Eko), menurut penuturannya mesin katinting yang dia gunakan mengalami kendala teknis dibagian busi sehingga mesin tidak dapat dihidupkan. Kemudian dia memilih mengikuti arah angin dan terdampar sampai ke rakit kami,” tambah Aldi.

Menurut Aldi, pihaknya berencana akan membawa Eko ke rumahnya di Dodap. Terlebih kata Aldi, keluarganya juga ternyata berasal dari Desa Tatakalai Bangkep.

“Orang tua kami dari Tatakalai. Makanya kami akan bantu sepenuhnya kepada Eko. Ternyata satu suku, suku Banggai, kita akan tolong,” tambahnya.

“Informasi dari kaka, Eko saat ini dalam kondisi sehat,” tandas Aldi.(Jeff/IM)