Hindari virus Corona, Kelelawar di Paguyaman Jangan Dikonsumsi

Hindari virus Corona, Kelelawar di Paguyaman Jangan Dikonsumsi

19/02/2020 08:15 0 By Syakir

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Ronny Sampir

Hulondalo.id – Kabar bahwa kelelawar di Kecamatan Paguyaman terkontaminasi virus corona, dibenarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo. Walaupun tidak versifat virulens, warga dilarang berburu atau sembarang konsumsi hewan liar termasuk kelelawar.

Kadis Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir membenarkan adanya penelitian tersebut, hanya saja masyarakat tidak perlu khawatir kata Roni.

“Memang sebelumnya ada penelitian yang dilakukan oleh Unhas bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan memang benar ditemukan adanya Virus Corona tapi sifatnya tidak Virulens” ujar Roni kepada hulondalo.id, rabu (18/2/2020).

Lebih lanjut Roni mengatakan Virus Corona yang ditemukan ditubuh Kelelawar yang ada di Paguyaman Gorontalo tidak sama dengan yang ada di Wuhan. “Itu berbeda dengan yang ada di Wuhan, Cina” tukas dia.

Meski begitu Roni menghimbau masyarakat untuk tidak sembarang mengkonsumsi daging hewan liar, salah satunya kelelawar. Pemkab Gorontalo sendiri terus memberikan himbauan kepada warga.

“Sudah ada surat edaran dari pak Bupati, selain itu juga sudah kita pasang baliho yang memuat penjelasan tentang apa itu Corona dan bagaimana tindakan pencegahannya” tandas Roni Sampir. (ika)