Hingga April 2021, 176 Kasus DBD, Reyke: Jangan Abaikan Ini

Hingga April 2021, 176 Kasus DBD, Reyke: Jangan Abaikan Ini

17/05/2021 13:02 0 By Maman

Reyke Uloli

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Reyke Uloli, SKM, M.Kes.

Hulondalo.id – Hingga April 2021, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mencapai 176 kasus. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Reyke Uloli, SKM, M.Kes meminta, meski saat ini masih ditengah Pandemi Covid-19, jangan mengabaikan penyakit menular ini.

“Kami sampaikan kepada masyarakat Gorontalo khususnya diwilayah Kabupaten dan Kota, tetap mewaspadai penyakit DBD, ini akan berpotensi Kejadian Luar Biasa atau KLB,” ungkapnya, Senin (17/5/2021).

Tahun 2020 kata Reyke, kasus DBD ada sekitar 908 kasus di Provinsi Gorontalo. Tahun 2021 hingga April, berkisar 176 kasus yang tersebar disejumlah wilayah di Provinsi Gorontalo.

“Kasus DBD ini, ditenggelamkan oleh Covid-19 yang cepat sekali penularannya diseluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Gorontalo, sehingga, beberapa penyakit termasuk DBD sedikit terabaikan, tetapi, di wilayah kabupaten dan kota, kita minta tetap mewaspadai penularan DBD ini,” ujar Reyke.

Meski demikian kata Reyke, pihaknya selalu berintegrasi program untuk menyampaikan kewaspadaan DBD ini ditengah masyarakat. Walaupun, disituasi pandemi Covid-19.

“Agar hal-hal sebelumnya tidak terjadi seperti yang terjadi pada kasus DBD di tahun 2021 ini, ini akan memakan korban berikutnya, jika terlambat dalam penanganannya,” harapnya.

Namun dituturkan Reyke lagi, terkait dengan DBD ini, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dikes Provinsi Gorontalo tetap segera merespon, ketika ada kasus baru.

“Ini segera terinformasi kepada kita melalui program sistem kewaspadaan dini, sehingga, kita bisa melihat dimana kasus-kasus itu terjadi dan itu menjadi signal survei dan komunikasi informasi kepada masyarakat,” tandasnya. (Inkri/Adv)