Hiu Paus Muncul Lagi di Botubarani, GIPI: Saatnya Jadikan Destinasi Prioritas

Hiu Paus Muncul Lagi di Botubarani, GIPI: Saatnya Jadikan Destinasi Prioritas

16/01/2020 22:28 0 By Alex

Lokasi wisata hiu paus di pantai Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, yang dikunjungi wisatawan mancanegara.

Hulondalo.id – Sedikitnya 5 ekor hiu paus muncul lagi di pantai Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Kamis (15/1/2020).

Informasi seputar kemunculan hiu paus itu dengan cepat menyebar sehingga tak lama kemudian langsung mengundang wisatawan untuk melihat langsung hewan dengan nama latin Rhincodon typus itu.

Bahkan, menurut tour guide Gorontalo, Agus Kamba, bahwa sudah ada setidaknya 10 wisatawan mancanegara yang datang ke lokasi melihat langsung hiu paus.

“Saya kemarin melihat ada 3 orang asal Austria. Dan hari ini ada 2 orang asal Los Angles, Amerika Serikat, dan dari 1 dari Italia. Mereka datang karena tertarik dan ingin berenang dengan Hiu Paus,” kata Agus Kamba, dikutip dari read.id.

Dengan kemunculan hiu paus ini menjadi berkah tersendiri bagi warga sekitar pantai Botubarani karena banyak dikunjungi wisatawan. Bagaimana tidak berkah? dengan banyaknya wisatawan yang datang akan berdampak pada perputaran ekonomi warga setempat.

Menurut catatan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Gorontalo yang diperoleh Hulondalo.id, sejak kemunculan hiu paus di pantai Botubarani, setidaknya sudah mendatangkan 36.253 wisatawan yang menyewa perahu pada Tahun 2016. Itu belum termasuk 256 orang yang melakukan diving dan 853 snorkling.

Setahun berikutnya, Tahun 2017, tercatat ada 13.203 wisatawan yang menyewa perahu, 47 diving dan 123 snorkling. Kemudian pada 2018, 12.385 wisatawan naik perahu, 32 orang diving dan 109 snorkling.

Memang sejak heboh kemunculannya, kunjungan wisatawan kian hari kian menurun. Salah satunya disebabkan pengelolaan yang belum baik hingga perginya hiu paus dari perairan Botubarani.

hiu paus gorontalo

Hiu paus di pantai Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. (F. Donald R. Wahani

Ketua GIPI Gorontalo Marten Chandra kepada Hulondalo.id berharap bahwa kedepan harus ada perhatian khusus terhadap pengembangan wisata hiu paus. Bahkan, hius paus sangat potensial dijadikan sebagai wisata prioritas dari Gorontalo di Indonesia.

“Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata telah menetapkan 5 lokasi wisata super prioritas. Dengan perhatian serius dan atau intervensi pemerintah, sudah saatnya wisata hiu paus dijadikan wisata prioritas,” jelas Marten.

Dengan adanya kawasan wisata prioritas di Gorontalo, tambah Marten, maka pemerintah akan lebih mudah mengarahkan dan mengkonsentrasikan pembangunan infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM), kemudahan regulasi dan kesinambungan promosi di daerah prioritas pariwisata agar lebih fokus.

“Jika ada 5 destinasi super prioritas pariwisata di Gorontalo, maka seharusnya hiu paus itu yang menjadi nomor 1,” tandasnya.(Alex)