Honor Aparat Desa di Kabgor Akan Dikembalikan, ini Penjelasannya

Honor Aparat Desa di Kabgor Akan Dikembalikan, ini Penjelasannya

08/12/2020 23:44 0 By Syakir

Danial Ibrahim

Danial Ibrahim

Hulondalo.id – Honor aparat desa khususnya di Kabupaten Gorontalo, dipastikan tidak akan dipangkas. Hal itu sesuai penjelasan Plt Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, Danial Ibrahim, Selasa (8/12/2020).

Diakui Danial, memang dalam Permendagri Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyusunan APBD tahun 2021, alokasi belanja bagi pemerintah daerah, harus memperhatikan belanja wajib dan mengikat seperti, belanja kepala daerah, wakil kepala daerah, pimpinan dan anggota DPRD serta pegawai ASN.

Sedangkan untuk penganggaran jasa atau honorarium yang tidak masuk dalam belanja pegawai, bisa dianggarkan dalam belanja barang dan jasa, sepanjang memperhatikan asas kepatutan, kewajaran, rasionalitas dan efektifitas dalam pencapaian sasaran.

Atau dengan kata lain, dengan aturan itu pemerintah daerah memiliki dasar aturan, untuk mengembalikan besaran honor bagi perangkat desa tentunya.

Sementara itu menyikapi isu pemangkasan honor aparat desa di Kabupaten Gorontalo, Jubirsus Gubernur Gorontalo, Novaliansyah Abdussamad mengatakan, Gubernur Gorontalo memiliki kewenangan melakukan intervensi dan mengevaluasi rencana APBD Kabupaten.

“Nah, Pak Gubernur akan mengembalikan honor-honor aparat desa, ini sesuatu hal yang wajar dilakukan untuk kepentingan rakyat, jadi tidak ada kaitannya dengan pencitraan dan politik, ini demi kepentingan rakyat,” kata Noval.

Terkait rencana pengembalian besaran honor apara desa itu, sebelumnya Gubernur Rusli Habibie berbicara dengan Bupati Nelson Pomalingo terkait hal tersebut. Bahkan Gubernur berpesan, soal isu honor aparat desa tidak dikait kaitkan dengan urusan politik. (zhk)