HUT RI ke-75, Marten Taha: Wujudkan Semangat Nasionalisme Demi Indonesia Maju

HUT RI ke-75, Marten Taha: Wujudkan Semangat Nasionalisme Demi Indonesia Maju

17/08/2020 19:46 0 By Jeffry

Walikota Gorontalo Marten Taha saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT RI ke 75.(f.humas)

Hulondalo.id – Peringatan HUT RI yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus menjadi tonggak sejarah kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan yang telah diraih memiliki makna yang sangat dalam terutama mewujudkan semangat nasionalisme demi Indonesia Maju.

Hal ini dikatakan Walikota Marten Taha saat memberikan sambutan inspektur upacara peringatan HUT RI ke 75 di lapangan Buladu Kota Gorontalo, Senin (17/8/2020).

Menurutnya, kemerdekaan Bangsa Indonesia adalah bukti kekuatan yang tidak bisa dianggap remeh. Dimana kemerdekaan bangsa Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, adalah hak setiap bangsa untuk hidup bebas dan merdeka dari segala bentuk ikatan penjajahan dan tekanan penindasan.

Namun harus diakui, setelah kemerdekaan tercapai, bukan berarti perjuangan masyarakat Indonesia dan elemen lainnya sudah berakhir. Justru harus diisi dengan usaha membangun bangsa dan negara ini lebih maju.

“Makna kemerdekaan yang dirayakan pada hari ini bukan akhir dari perjuangan bangsa Indonesia. Akan tetapi merupakan komitmen bersama untuk selalu menjaga keutuhan negara kesatuan republik indonesia (NKRI), sebagai wujud nasionalisme,” ucap Marten.

Disamping itu kata Marten, kemerdekaan yang sudah diraih perlu dimaknai sebagai pemersatu bangsa, sebab kemerdekaan menumbuhkan saling menghargai.

“Inti dari peringatan HUT RI ke 75 tahun ini adalah Indonesia Maju. tema ini mengandung maksud bahwa kemajuan bangsa Indonesia merupakan sebuah representasi, dari nilai – nilai pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam artian bangsa Indonesia mampu untuk memperkokoh kedaulatan. Persatuan dan kesatuan indonesia,” kata Marten.

Apalagi pandemi covid-19 saat ini menguras energi dan berdampak terjadinya krisis di semua lini kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Krisis ini menjadi momentum bagi kita untuk mengejar ketinggalan, untuk melakukan tranformasi besar – besaran, dengan melaksanakan strategi besar juga. Mari kita pecahkan masalah fundamental ini, kita lakukan lompatan besar untuk kemajuan yang signifikan,” tutur Marten.

Olehnya dirinya mengajak seluruh rakyat, jajaran pemerintah dan warga korpri di Kota Gorontalo untuk berkomitmen bersatu padu, menghadapi pandemic corona ini, dengan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan keseharian yang terintegrasi dengan program – program pembangunan, dan kemasyarakatan.

“Kita harus bajak momentum crisis ini, kita harus serentak dan serempak memanfaatkan momentum ini. Menjadikan Indonesia setara dengan negara – negara maju. Menjadikan Indonesia maju yang kita cita – citakan,” tandasnya.(Jeff/Adv)