IAI dan BPOM Gorontalo Anjurkan Pemakaian Hand Sanitizer Sesuai Standar

IAI dan BPOM Gorontalo Anjurkan Pemakaian Hand Sanitizer Sesuai Standar

25/03/2020 14:28 0 By Maman

Sekretaris IAI Gorontalo Bidang Penanggulangan Bencana Nirmala Rasyid membagikan hand sanitizer kepada masyarakat  yang melintas di jalan Jenderal Sudirman Kota Gorontalo, Rabu (25/3/2020).

Hulondalo.id – Pemakaian cairan Hand Sanitizer sesuai standar dianjurkan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan BPOM Gorontalo. Standar dimaksud, setelah 5 kali menggunakan cairan tersebut, dilanjutkan dengan mencuci tangan pakai air.

Penggunaan sesuai standar ini, selain mencegah penyebaran Covid-19 juga mencegah iritasi pada kulit. Hal tersebut diantara himbauan IAI dan BPOM Gorontalo, saat membagi 240 botol Hand Sanitizer kepada masyarakat yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman Kota Gorontalo.

Rabu (25/3/2020), Kepala BPOM Gorontalo Yudi Noviandi menuturkan, penggunaan hand sanitizer di masyarakat harus mengikuti standar yang ada.

“Jika digunakan terlalu sering, maka akan terjadi iritasi dan terasa panas pada tangan setelah digunakan, sehingga dianjurkan untuk mencuci tangan pakai air setiap 5 kali pemakaian Hand Sanitizer,” jelas Yudi.

Terpisah, Sekretaris IAI Gorontalo Bidang Penanggulangan Bencana Nirmala Rasyid mengatakan, ide pembuatan Hand Sanitizer dikarenakan banyak beredar di masyarakat untuk pembuatan hand sanitizer rumah tangga.

“Pembuatan hand sanitizer harus benar-benar steril dengan konsentrasi tidak boleh dibawah 60 persen,” ungkap Nirmala.

Nirmala menambahkan, jika membuat sendiri di rumah, dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi akibat pembagian tidak sesuai konsentrasi yang dibuat.

“Olehnya, kami dari IAI Gorontalo berinsiatif membuat hand sanitizer yang aman, untuk bisa digunakan masyarakat Gorontalo,” imbuhnya. (Rinto)