Idul Adha, 23 WBP Lapas Kelas IIA Gorontalo Terima Remisi Susulan

Idul Adha, 23 WBP Lapas Kelas IIA Gorontalo Terima Remisi Susulan

19/07/2021 23:11 0 By Maman

Ceramah Agama Lapas Kelas IIA Gorontalo

Pemberian Remisi Susulan kepada 23 WBP Kelas IIA Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – 23 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas KelasIIA Gorontalo, mendapat remisi dimomen perayaan Idul Adha 1442 Hijriah. Remisi diserahkan Senin, (19/7/2021), berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : PAS-565.PK.01.01.02 TAHUN 2021 tentang, Pemberian Remisi Susulan Kepada Narapidana terkait dengan Pasar 34 PP No. 99 Tahun 2012.

Kasi Binadik, Kasdin Lato menjelaskan bahwa, Remisi Susulan yang diberikan ini merupakan Remisi Umum Tahun 2020, Remisi Khusus Tahun 2020, dan Remisi Khusus Tahun 2021.

Kasdin juga menegaskan kepada seluruh WBP, terus proaktif pada kegiatan pembinaan yang telah diprogramkan. Sebab kata dia, pemberian remisi dan hak-hak WBP lainnya, salah satu yang menjadi syarat penting adalah, telah mengikuti program pembinaan dengan baik.

“Jadi mengikuti program pembinaan adalah kewajiban dari WBP, sehingga apa yang menjadi hak WBP dapat diberikan berdasarkan kewajiban yang telah ditunaikan,” ungkapnya.

Kegiatan Penyerahan Remisi susulan ini juga kata Kasdin, dirangkaian dengan ceramah agama Gema Dzulhijah 1442 Hijriah yang juga merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah 1442 Hijriah.

Kegiatan tersebut antara lain, pelatihan bilal berbahasa Gorontalo, Puasa Dzulhijah 1-10 Dzuhijah, kemudian takbiran bersama, sholat idul Adha, dan akan dilanjutkan dengan Pemotongan Hewan Kurban.

“Alhamdulillah, Lapas Kelas IIA Gorontalo telah menerima 1 ekor sapi dari Pemkab Bone Bolango, 1 ekor sapi dari Pemkab Gorontalo Utara dan 1 ekor kambing Etawa dari Pemkot Gorontalo,” terangnya.

Ia menambahkan, dan untuk teknis penyembelihan mengikuti edaran Menteri Agama, dimana hewan kurban akan di sembelih di RPH Tenilo Kota Gorontalo. (Inkri)