Ijtima Jamaah Tabligh di Bone Bolango Ditunda

Ijtima Jamaah Tabligh di Bone Bolango Ditunda

19/03/2020 12:56 0 By Yadin

Kegiatan jamaah tabligh di Tolangohula, Kabupaten Gorontalo beberapa tahun lalu. (doc)

Hulondalo.id – Di tengah wabah Covid-19 alias virus Corona, panitia pelaksana menunda kegiatan ijtima jamaah tabligh atau musyawarah daerah Provinsi Gorontalo.

Sedianya, kegiatan yang menghadirkan ribuan orang itu dilaksanakan Sabtu (21/3/2020) hingga Ahad (22/3/2020) yang dipusatkan di Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Memang, selama ini kegiatan jamaah tabligh selalu dihadiri oleh ribuan jamaah. Nah kali ini, kegiatan itu terpaksa harus ditunda dengan mempertimbangkan kondisi wabah Covid-19 yang tengah menyerang bangsa saat ini.

Salah satu penanggungjawab jamaah tabligh di Gorontalo, Samsul Rizal mengatakan, panitia telah menyepakati penundaan kegiatan tersebut. Walaupun ia mengakui, persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya.

Penundaan kegiatan ini juga berdasarkan arahan dari markas Kebon Jeruk Jakarta.

“Hasil musyawarah di kebon jeruk Jakarta baru-baru ini, semua musyawarah daerah se Indonesia ditunda, termasuk di daerah kita Gorontalo,” ungkap Samsul saat dikonfirmasi awak media, Kamis (19/3/2020).

Kata Samsul, bukannya takut kepada virus Corona. Sebab virus ini hanyalah ciptaan Allah.  Namun perintah dalam al quran pun menganjurkan kita untuk taat kepada Allah, Rasul dan ulil amri (pemimpin).

“Mayoritas ulama sepakat bahwa ulil amri adalah pemerintah. Dan pemerintah pun meminta perhatian untuk tidak mengadakan kegiatan atau pertemuan yang menghadirkan banyak orang,” jelasnya. (yadin)