Ikut Bhayangkara Mural Festival, 2 Lansia Sebar Pesan Pentingnya Protkes

Ikut Bhayangkara Mural Festival, 2 Lansia Sebar Pesan Pentingnya Protkes

30/10/2021 22:25 0 By Maman

Lansia Bhayangkara Mural Festival 2021

Talib Eka dan Riden Baruwadi, saat menyampaikan pesan tentang mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19 melalui mural. (foto:hms)

Hulondalo.id – Talib Eka (65) dan Riden Baruwadi (69) bersama peserta lainnya, menyampaikan pesan akan pentingnya penerapan protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19. Pesan yang disampaikan dituangkan dalam bentuk seni saat mengikuti Bhayangkara Mural Festival 2021.

Kedua lansia ini kesehariannya merupakan fotografer nuansa alam. Talib Eka, warga Kelurahan Bulota Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo, dan Riden Baruwadi tercatat tinggal di Kelurahan Limba B Kota Gorontalo.

“Saya terpanggil untuk ikut lomba mural ini, meski kebanyakan yang ikut para anak muda,” kata Riden disela-sela mengikuti Bhayangkara Mural Festival 2021 digelar Bid. Humas Polda Gorontalo, Sabtu (30/10/2021).

Baginya, dengan semangat lansia bisa bersaing dalam memberikan pesan melalui lukisan gambar agar, masyarakat sadar tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi Covid-19.

“Semoga ini dapat memotivasi masyarakat, terlebih generasi muda lainnya dapat mengekspresikan keterampilan khususnya dalam karya mural,” ungkapnya.

Apresiasi dari Kapolda Gorontalo Irjen Pol.Dr. Akhmad Wiyagus,SIK.,M.SI.,M.M disampaikan untuk para peserta termasuk kepada Talib Eka dan Riden Baruwadi.

“Meski sudah berusia lanjut, semangat berkreasi pantang surut, tidak mau kalah dengan para perupa muda lainnya, contoh yang baik bagi seniman muda lainnya,” ungkap Kapolda.

Goresan tangan yang dihasilkan dari kreasi para peserta mural juga diakuinya, menghasilkan gambar yang memiliki pesan yang sangat mengedukasi masyarakat di masa Pandemi Covid-19.

“Sungguh luar biasa, pesan-pesan yang tersirat dalam karya para pemural ini, ada yang menyampaikan tentang semangat pantang menyerah menghadapi Covid-19, ada juga yang menggambarkan sinergi antara pemerintah, TNI, Polri, Tenaga Medis dan Masyarakat bergandengan tangan melawan Covid-19, dan pesan-pesan lain seputar Covid-19 yang sangat mengedukasi,” kata Kapolda.

Penanganannya kata Kapolda, butuh kerjasama dan peran semua komponen masyarakat, tidak terkecuali para generasi muda. Banyaknya informasi hoaks yang tersebar di masyarakat terkait vaksinasi, ditambah dengan kurangnya disiplin masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan, menjadi hambatan dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Sehingganya, diperlukan edukasi secara masif kepada masyarakat dengan terus menyebarkan informasi yang positif dan benar, melalui karya seni mural ini, semoga penyampaian informasi kepada masyarakat lebih menarik, mudah dimengerti dan dipahami oleh memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono,SIK mengatakan bahwa, pelaksanaan Bhayangkra Mural Festival 2021 dilaksanakan secara serempak seluruh Indonesia.

“Sebelumnya, kita menyeleksi seluruh konsep desain yang dikirim peserta mural, dari konsep tersebut Dewan Juri tingkat daerah memilih 5 konsep terbaik untuk mengikuti seleksi tingkat nasional, dan satu tim pemural asal Pohuwato yang kebetulan sepasang suami istri, Pipin Lanjani Idris dan Chilham Hilimi terpilih mengikuti lomba mural di Jakarta,” terang Wahyu. (Man)