Ingin Belajar Bahasa Inggris dan Arab, ke Boalemo Saja, Gratiss!!!

Ingin Belajar Bahasa Inggris dan Arab, ke Boalemo Saja, Gratiss!!!

12/11/2020 07:07 0 By Syakir

Proses pembelajaran Bahasa Arab, di Kampung Bahasa, Kabupaten Boalemo. (sumber; Dok kampung bahasa)

Hulondalo.id – Diam diam ternyata, Kabupaten Boalemo punya program pendidikan sekeren ini… Namanya kampung bahasa. Disini, warga khususnya anak muda dan para siswa, bisa menimba pelajaran bahasa Inggris dan Arab dari instruktur berkompeten, namun dengan cara lebih santai.

Tempat itu diberi nama kampung bahasa. Ceritanya, sebelum program ini dimulai, Pemda Boalemo mengirimkan putra putri terbaiknya untuk belajar Bahasa Inggris dan Bahasa Arab selama kurang lebih enam bulan di Kampung Inggris, Kota Pare, Kediri, Jawa Timur.

Sekedar info, di Kota Pare, Kediri itu ada Kampung Arab dan Kampung Inggris, yang notabene adalah kawasan wisata edukasi bahasa. Disini, tersedia sejumlah lembaga pendidikan yang bisa memberikan pembelajaran bahasa mulai dari tingkat dasar hingga mahir.

Singkat cerita, mereka yang sudah selesai belajar disitu, akan kembali ke kampung halamannya, untuk kemudian mengajarkan kembali apa yang sudah mereka pelajari di kampung bahasa itu. Setidaknya sudah 2 angkatan yang dikirimkan Pemda Boalemo, begitu kata Sekda Boalemo Sherman Moridu.

Santai melantai, belajar Bahasa Inggris tidak harus formal. (sumber; Dok kampung bahasa)

Di Boalemo sendiri, oleh Bupati Darwis Moridu dibuatkan rumah bahasa. Tempat ini menjadi idola, karena menjadi tempat berkumpulnya masyarakat khusunsnya anak muda, yang ingin belajar bahasa inggris dan arab dengan cara lebih santai.

Melihat animo yang cukup tinggi, Bupati Darwis Moridu pun membuatkan rumah bahasa hingga di lima kecamatan. Hasilnya pun mulai terlihat. Sejumlah anak muda terutama para siswa, mulai mempraktekkan penggunaan bahasa inggris dan arab dalam pergaulan mereka sehari hari.

“kenapa Bahasa Inggris, karena itu bahasa dunia. Sedangkan Bahasa Arab, karena itu bagian dari program religius pemerintahan saat ini, serta termasuk visi cerdas Bupati Darwis Moridu dan Wabup Anas Yusuf,” ungkap Sekda.

Programnya tidak berhenti disitu. Setelah sempat tertunda karena pandemi covid-19, rencananya tahun 2021 nanti pemda akan kembali mengutus sejumlah anak muda terbaik, untuk belajar di kampung bahasa Kota Pare, Kediri.

Apakah warga luar daerah bisa belajar di rumah bahasa Boalemo? “Tentu bisa,” jawab Sekda. Semua orang kita beri ruang untuk bisa belajar disini.

“Rumah Bahasa ini bukan hanya untuk warga Boalemo, tetapi warga tetangga ini kita berikan ruang.
Tujuan kita apa? Supaya masyarakat juga bisa menerima dampaknya. Dan ini kita gratiskan, tidak usah
ke Pare, cukup ke Boalemo saja,” tutupnya.

Sementara itu sekedar informasi, program bagian dari visi cerdas ini juga, Pemda Boalemo menitik
beratkan penguatan pada mata pelajaran matematika dan IPA, serta mata pelajaran yang masuk dalam
ujian nasional. (**)