Ingin Dekat dengan Keluarga, Lapas Gorontalo Penuhi Permohonan DM

Ingin Dekat dengan Keluarga, Lapas Gorontalo Penuhi Permohonan DM

05/08/2021 11:33 1 By Maman

WBP DM Pindah Lapas Boalemo

WBP atas nama DM, saat akan dipindahkan ke Lapas Kelas IIB Boalemo dari Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Lapas Kelas IIA Kota Gorontalo memenuhi permohonan salah seorang Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) DM pindah ke Lapas Kelas IIB Boalemo. Pemindahan dilakukan Kamis (5/8/2021) pukul 07.45 Wita. DM merupakan WBP kasus 351 KUHP dengan putusan MA pidana 6 bulan.

Kepala Lapas Kelas IIA Gorontalo, Ignatius Gunadi mengatakan, pemindahan tersebut sudah sesuai dengan prosedur. Yang bersangkutan kata Ignasius, bermohon pindah ke Boalemo yang notabene merupakan daerah asalnya. Permohonan itu juga atas persetujuan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Gorontalo Divisi Pemasyarakatan.

“Atas permintaan yang bersangkutan dan sepengetahuan keluarga dengan surat jaminan keluarga,” kata Ignatius.

DM sendiri masuk Lapas Gorontalo tanggal 3 Agustus 2021 lalu. Pemindahan ini juga kata Ignasius, tetap melalui prosedur yaitu Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP), kemudian melakukan pengajuan permohonan ke Kantor Wilayah hingga mendapat persetujuan.

“Tidak masalah, dia baru 1 hari maupun 2 hari di Lapas Gorontalo, apalagi adalah WBP pidana umum yang perlakuannya tidak seperti pidana khusus,” tambah Kalapas.

DM dipindahkan menggunakan mobil Lapas Gorontalo dan pengawalan dari 3 orang petugas Lapas yang dipimpin oleh Rusli Usman. Ignatius juga menegaskan, pemindahan napi tersebut pula telah melakukan koordinasi dengan pengelola Lapas Boalemo. (Inkri)