Ingin Sekolah Kedinasan? Kemenhub Buka Penerimaan Calon Taruna Baru

Ingin Sekolah Kedinasan? Kemenhub Buka Penerimaan Calon Taruna Baru

29/03/2019 23:25 0 By Alex
sipencatar

Wakil Gubernur Idris Rahim saat membuka sosialisasi Sipencatar di Gorontalo, Jumat (29/3/2019)

Hulondalo.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) membuka kesempatan bagi siswa SMA sederajat di Gorontalo untuk menjadi calon taruna tahun akademik 2019/2020.

Hal itu terungkap pada sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) yang dibawakan langsung oleh Kepala BPSDMP Kemenhub RI melalui Direktur Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar, Rachmat Tjahjanto, Jumat (29/3/2019).

Dikatakan Rachmat, sosialisasi ini bertujuan memberikan informasi kepada para pelajar di Provinsi Gorontalo tentang penerimaan taruna baru tahun akademik di kampus-kampus milik BPSDMP Kemenhub RI.

Harapannya, para pelajar di Gorontalo tidak ragu untuk melanjutkan pendidikan di kampus-kampus BPSDMP Kemenhub RI untuk meningkatkan kualitas diri dan profesionalisme dalam segi transportasi darat, laut, dan udara, maupun perkeretaapian.

Selain itu, perekrutan Sipencatar akan dilakukan secara serentak oleh BPSDMP dengan menawarkan pola pembibitan jalur reguler dan mandiri. Penerimaan taruna untuk tahun akademik 2019/2020 masing-masing untuk Program Pendidikan Transportasi Darat dan Perkerataapian, Program Pendidikan Transportasi Laut, serta Program Pendidikan Transportasi Udara.

“Saya ingin adik-adik tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga menjadi pelaku pembangunan dalam segi transportasi melalui pendidikan di BPSDMP Kemenhub RI,” kata Rachmat.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Idris Rahim berharap melalui sosialisasi tersebut sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan SDM di sektor perhubungan.

Sejak Tahun 2018, Pemerintah Provinsi Gorontalo telah melakukan perjanjian kerja sama dengan Kemenhub RI untuk memberikan kuota kepada putra putri Gorontalo mengikuti seleksi penerimaan calon taruna di Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dengan pola pembibitan daerah.

“Saya berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para orang tua dan siswa demi masa depan pembangunan di bidang perhubungan di daerah ini,” harap Wakil Gubernur Idris Rahim.

Sebagai informasi, Sipencatar 2019 dapat diakses melalui www.sipencatar.dephub.go.id, Info Kemenhub 151, facebook BPSDMPERHUBUNGAN, twitter BPSDMP151, instagram BPSDMP151, dan youtube BPSDMP151.(usman)